Tidak ada yang menampik bahwa mendiang Kobe Bryant memiliki gaya bermain yang sangat mirip dengan legenda Chicago Bulls, Michael Jordan. Keduanya bahkan mengakui kemiripian itu satu sama lain. Mendiang Kobe Bryant secara terang-terangan menyatakan bahwa apa yang ia dapat, ketangkasan yang ia punya, datang dari Jordan. 

Namun, pernyataan menarik muncul dari salah satu pemain yang juga memiliki karier hebat di NBA, Dwight Howard. Pemain yang terakhir bermain di T1 League di Taiwan ini mengungkapkan pendapatnya tentang komparasi antara Kobe dan Jordan. 

"Saya rasa Kobe lebih baik dari Jordan, secara skill (ketangkasan)," buka Dwight di siniar Gilbert Arenas yang juga dihadiri Nick Young, Kenyon Martin, dan Rashad McCants. "Ia mengambil semua yang ia bisa ambil dari Jordan dan melipatgandakan semuanya. Ia menambahkan banyak hal untuk membuatnya lebih baik dari Jordan".

Sebagai pemain yang pernah bersaing dan bahkan menjadi rekan satu tim Kobe, pendapat Dwight sangat masuk aka. Nick Young yang juga ada di posisi yang sama dengan Dwight pun mengamini ucapannya. "Ia menambahkan banyak hal dalam gerakan yang ia dapatkan dari Jordan. Ia membuat semuanya menjadi lebih baik."

Tuan rumah, Gilbert Arenas jadi satu-satunya yang menentang keras pendapat ini. Menurutnya, orang-orang hanya ingat Jordan setelah ia kembali dari pensiun pertamanya. "Yang Kobe lakukan dan orang-orang ingat adalah Jordan di1 1996 sampai 1998. Kobe sama sekali tak mendekati Jordan 1984-1993. Kobe mempelajari Jordan yang sduah tua, bukan Jordan yang 'Air Jordan", tegasnya keras. 

Jordan memang memiliki karier yang cukup unik. Masuk ke NBA di 1984, ia langsung menggebrak lewat atletisme yang luar biasa. Ini yang membuatnya mendapatkan kontrak dari Nike dan julukan Captain Marvel hingga Air Jordan. Ia akhirnya mendapatkan gelar juara di 1991-1993 sebelum pensiun untuk kali pertama. 

Pemain yang identik dengan nomor punggung 23 ini lantas kembali ke liga setahun setelahnya. Ia muncul dengan gaya bermain yang memang cukup berubah. Jordan sangat efisien dalam menyerang, utamanya dengan konsep triangle yang dimainkan oleh pelatih Phil Jackson. Gaya dan konsep bermain yang akhirnya membuat ia kembali meraih threepeat di 1996-1998. 

Pun demikian, Kobe juga punya ceritanya sendiri. Memiliki lima gelar juara (satu lebih sedikit dari Jordan), Kobe terkenal dengan kisah-kisah latihannya yang luar biasa dan heroik. Ini juga yang kerap membuat banyak pecinta NBA menempatkan Kobe di perbincangan pemain terbaik yang pernah ada.(DRMK)

Foto: Getty Images

 

Komentar