Kemunculan Luka Doncic dalam acara "Night of the Dragon", yang diadakan untuk menghormati Goran Dragic, ternyata menuai kritikan. Perhatian penggemar Dallas Mavericks tertuju pada badan Doncic yang sedikit lebih lebar, jika dibandingkan dengan saat dirinya tampil di Final NBA 2024. Dengan cepat komentar-komentar negatif muncul, termasuk kekhawatiran tentang performanya musim depan.

Saat Luka Doncic bekerja sama dengan rival NBA-nya Nikola Jokic untuk pertandingan amal, para penggemar memperhatikan bahwa pemain Slovenia itu sedikit lebih lebar atau lebih gemuk dari sebelumnya. Salah satu yang mengomentari perubahan tersebut adalah pembawa acara Hoops Tonight, Jason Timpf.

"Itu membuat saya khawatir, karena kemudian saya berpikir 'Oke, jadi kita semua membicarakan tentang bagaimana Luka harus menjadi bugar', tetapi dia tampaknya bergerak ke arah yang salah, dalam hal itu," kata Timpf. 

Luka Doncic sempat mendapatkan kritik sebagai pemain yang enggan bertahan selama Final NBA 2024. Oleh karena itu, penambahan berat badan Doncic tentu tidak akan membantu situasinya menjadi lebih baik di musim depan. 

Peraih lima kali NBA All-Star itu tampaknya kurang mendapat dukungan dan arahan dalam hal bertahan melawan Jayson Tatum dan kawan-kawan. Dari bergerak lambat saat berusaha menjaga JT. Meskipun sebagian kesalahan dapat ditimpakan pada cedera lutut yang masih dialami pemain Slovenia tersebut, reporter ESPN ternama Brian Windhorst dengan cepat mengecamnya, dengan menyatakan, "Penampilannya dalam bertahan tidak dapat diterima. Dia payah di lapangan."

Mirip dengan Brian Windhorst dan Bill Simmons, mantan pemain Bulls Jay Williams juga menyalahkan rekor 0-3 Dallas di Final pada Luka Doncic. Lagi pula, kesulitan bertahan melawan Jayson Tatum di momen penting dan malah dilanggar dalam pertandingan krusial tidak akan memberi siapa pun poin tambahan.

 "Anda tidak bisa memenangkan kejuaraan jika Anda memiliki kebiasaan dan bahasa tubuh yang sangat buruk. Secara ofensif, dia sangat hebat, tetapi kebiasaannya (dalam bertahan) tidak terlalu bagus," kata Williams.

Namun Luka Doncic tidak menanggapi komentar penggemar tentang berat badannya. Pada tahun 2020, setelah ditanya langsung tentang kritik tersebut, ia melanjutkan dengan menyatakan, "Saya pasti akan melakukannya. Tapi, Anda tahu, saya tidak pernah menjadi pria berotot, jadi apa yang bisa saya katakan?" 

Namun, dengan situasi yang semakin memburuk, bahkan para veteran NBA kini mendesaknya untuk mengalihkan fokusnya.

Dari apa yang dilihat penggemar di pertandingan amal Goran Dragic, kurangnya mobilitas, Luka Doncic tampaknya tidak mengikuti saran Jay Williams. Dengan hanya dua bulan tersisa di musim reguler, menurunkan berat badan adalah momen "sekarang atau tidak sama sekali" bagi pemain tersebut.

Dalam kesempatan yang lain, Charles Barkley pernah berkata, "Kita benar-benar hidup di dunia di mana dua pemain basket terbaik di planet Bumi adalah orang kulit putih yang sedikit kelebihan berat badan (Luka Doncic dan Nikola Jokic). Sungguh waktu yang tepat untuk hidup." 

Meskipun menjadi pencetak skor terbanyak Mavs dan kandidat MVP yang layak, Luka Doncic sering dikritik karena agak kelebihan berat badan. Dengan berat 104 kilogram pada musim lalu, pemain Slovenia itu bahkan tetap ada di 10 besar pemain terbaik di liga. Namun, dilihat dari foto-foto terbarunya, mungkin kata-kata para pengkritiknya menjadi kenyataan. (*)

Foto: Epika24

Komentar