Legenda tinju dunia Mike Tyson memberikan jawaban mengejutkan ketika ditanya tentang atlet terhebat sepanjang masa. "The Iron Mike" justru tidak menyebut atlet dari cabang olahraga tinju. Dia malah menyebut nama Michael Jordan sebagai olahragawan terhebat sepanjang masa. 

Michael Jordan memenangkan enam gelar juara NBA antara tahun 1991 dan 1998 dalam dua periode terpisah dengan Chicago Bulls. Dia awalnya pensiun pada tahun 1993 untuk mengejar karier di Major League Baseball ( MLB ), tetapi dibujuk kembali ke NBA dan terus menambah warisannya yang luar biasa. Dengan 14 penghargaan NBA All-Star atas namanya, serta dinobatkan sebagai MVP musiman sebanyak lima kali, banyak yang menganggap Jordan sebagai pemain basket terhebat sepanjang masa.

Jika berbicara soal olahraga lain, tentu saja, ada persaingan yang cukup ketat, melibatkan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo di sepak bola, Tiger Woods di golf, atau Novak Djokovic dan Roger Federer di tenis. Tentu saja ada Mike Tyson. Tapi justru mantan juara kelas berat tinju dunia ini setuju bahwa Michael Jordan dianugerahi penghargaan sebagai atlet. 

Foto: News Feed

Mike Tyson memilih Jordan karena satu alasan. "Keutuhan dan tekad," kata Tyson kepada 'Club Random' bersama Bill Maher. "Kesediaan untuk berkorban. Anda hanya bisa melakukan itu (menjadi yang terhebat) dengan pengorbanan. Hanya pengorbanan yang dapat menjadikanmu yang terbaik di dunia. Tidak ada yang lain. Kamu harus berkorban."

Semetara itu, Michael Jordan sudah berkali-kali mengatakan tentang apa yang harus ia hadapi untuk menjadi pemain NBA terhebat sepanjang masa. Jordan juga memberikan nasihat kepada pemain muda mana pun yang mencoba menirunya.

"Jika Anda ingin meraih prestasi, pasti akan ada rintangan," ungkapnya. "Saya pernah mengalaminya, semua orang pernah mengalaminya. Namun rintangan tidak harus menghentikan Anda. Jika Anda menemui tembok, jangan berbalik dan menyerah. Cari tahu cara memanjatnya, melewatinya, dan mengatasinya. 

Jordan juga pernah berpesan, "Sikap saya adalah jika Anda mendorong saya ke arah sesuatu yang menurut Anda merupakan kelemahan, maka saya akan mengubah kelemahan yang dirasakan itu menjadi kekuatan."

Foto: Getty Images for Netflix

Petinju profesional yang sudah pensiun Mike Tyson menjadi juara kelas berat termuda di dunia pada tahun 1986, di usia 20 tahun. Ia kehilangan gelarnya pada tahun 1990 dan kemudian menjalani hukuman tiga tahun penjara setelah dinyatakan bersalah atas tuduhan pemerkosaan. Tyson kemudian semakin terkenal setelah menggigit sebagian telinga lawannya Evander Holyfield dalam sebuah pertandingan pada tahun 1997. Sejak pensiun dari dunia tinju pada tahun 2005, Tyson telah tampil dalam beberapa film dan acara TV, menjadi penulis buku terlaris, dan meluncurkan bisnis ganja yang sukses.

Menurut Forbes, Tyson telah bertanding dalam 58 pertandingan selama karier profesionalnya. Rekor resminya adalah 50 kemenangan dan enam kekalahan, dengan dua kemenangan tanpa perlawanan. Dari kemenangannya, 44 di antaranya diraih dengan KO. Tyson memenangkan 37 pertandingan pertamanya sebelum kekalahan pertamanya yang mengesankan dari Buster Douglas pada Februari 1990. 

Terbaru, pertarungan mantan juara kelas berat Mike Tyson yang sangat dinanti-nantikan melawan Jake Paul dijadwalkan ulang pada tanggal 15 November 2024 di Arlington, Texas. Pertandingan delapan ronde melawan Paul, 27 tahun, akan disiarkan di Netflix dan menandai pertarungan kompetitif pertama Tyson sejak Juni 2005. (*)

Foto: Sportlink News

Komentar