Musim baru NBA bahkan belum dimulai, dan bintang Golden State Warriors Andrew Wiggins sekali lagi berhadapan dengan keadaan darurat keluarga yang akan memaksanya melewatkan tur ke Tiongkok. Pada hari Sabtu (17/8) waktu Amerika Serikat, manajer Wiggins, Richard Clarke, mengumumkan bahwa mantan penyerang All-Star itu telah memutuskan untuk membatalkan perjalanannya ke Tiongkok karena masalah pribadi yang dirahasiakan. 

"Andrew tidak akan bisa datang ke Tiongkok dalam beberapa hari ke depan karena ada urusan keluarga," tulis Clarke, dikutip dari laporan Joaquin Ruiz dari Yahoo! Sports. "Hari-hari ini sungguh berat bagi Andrew dan keluarganya. Perjalanan ini sungguh berarti bagi kami."

Tentu saja, penggemar Wiggins di Tiongkok akan menyambut NBA All-Star 2022 dan sang juara dengan tangan terbuka ketika waktunya tepat.

Ternyata ini bukan terjadi lebih dari satu kali. Pada bulan Maret 2024, Wiggins juga pernah mengalami hal serupa. Dia absen dalam pertandingan Warriors, karena karena masalah keluarga. Menurut Shams Charania dari The Athletic, saat itu pemain 29 tahun tersebut sedang menghadapi masalah keluarga yang serius.

"Saya diberi tahu Andrew Wiggins sedang menangani dan mengurus masalah keluarga yang serius saat ini," kata Charania dalam laporan bulan Maret. "Warriors memberinya ruang, mereka memberinya waktu. Harapannya Andrew Wiggins akan kembali pada suatu saat di musim ini. Mereka optimis tentang hal itu, tetapi mereka juga memahami bahwa ia sedang menjalani proses ini."

Sebelumnya, Wiggins juga pernah absen selama dua bulan pada NBA musim 2022-2023, karena alasan pribadi yang dirahasiakan, yang kemudian diungkapkan oleh Charania bahwa hal itu terkait dengan ayahnya, Mitchell Wiggins, yang mengalami kondisi medis serius.

Masih berkaitan dengan hal ini, kakak Andrew, Nick Wiggins juga tidak menyelesaikan tugasnya di IBL 2024. Nick bermain untuk tim Pacific Caesar Surabaya. Dia mengumumkan bahwa tidak bisa membela Pacific lebih lama karena masalah pribadi. 

"Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua penggemar, rekan satu tim, & pelatih Pacific Caesar," tulis Nick di Instagram. "Dalam hidup ini, Anda akan menghadapi keputusan yang sulit. Karena beberapa masalah pribadi yang serius di rumah, saya harus memperpendek musim (dan) pulang. Saya menikmati setiap menit bersama kalian semua. Selama beberapa minggu terakhir ini, kalian semua telah membantu saya untuk tetap tegar (dan) tetap positif. Saya menghargai kalian semua. Saya berharap yang terbaik bagi organisasi untuk sisa musim ini."

Tidak jelas apa yang sedang dihadapi keluarga Wiggins, tetapi semua orang berharap yang terbaik. (*)

Foto: Darren Yamashita - USA TODAY Sports

Komentar