Ranking Terbaru FIBA, Serbia, Prancis, Kanada Meroket

| Penulis : 

Perubahan peringkat terjadi setelah Olimpiade Paris 2024. Perubahan terjadi per tanggal 15 Agustus 2024. Memang bukan posisi puncak. Sebab, posisi itu dikuasai Amerika Serikat dalam 12 tahun terakhir. Tapi posisi di bawahnya bergejolak.

AS masih nyaman di posisi pertama dengan 838.8 poin. Posisi AS sempat tergeser sesaat pada November 2023 oleh Spanyol. Lalu kembali lagi setelah Piala Dunia FIBA 2023 menyusul anjloknya raihan Spanyol dalam dua turnamen terakhir.

Serbia meroket ke posisi kedua dengan raihan 758.9 poin. Nikola Jokic dkk meraih perunggu di Olimpiade Paris 2024. Dengan hasil itu, Serbia naik dua tingkat. Ini merupakan posisi tertinggi dalam sejarah basket Serbia.

Selain itu, Serbia juga konsisten dalam dua tahun terakhir. Mereka merupakan finalis Piala Dunia FIBA 2023. Pada babak puncak, Serbia kalah dari Jerman. Lalu mereka membalas dengan mengalahkan Jerman di perebutan perunggu Olimpiade Paris 2024.

Jerman masih aman. Meski pulang dengan tangan hampa dari Olimpiade Paris 2023, Jerman setidaknya masih berada dalam tiga besar dunia. Juara Dunia 2023 itu memiliki selisih 3.4 poin dengan Serbia.

Kenaikan peringkat juga dialami oleh Prancis. Kenaikannya siginifikan. Le Bleus kini menjadi peringkat keempat dunia dengan 753 poin. Mereka naik lima strip. Ini tidak lepas dari hasil Prancis sebagai peraih perak Olimpiade Paris 2024.

Kanada kini masuk dalam posisi lima besar dunia dengan 747.8 poin. Mereka naik dua tingkat. Kanada meraih perunggu Piala Dunia FIBA 2023 dan mencapai perempat final Olimpiade Paris 2024.

Ada yang naik, berarti ada yang turun. Penurunan signifikan dialami oleh Spanyol. Mereka gagal lolos fase grup Piala Dunia FIBA 2023 dan Olimpiade Paris 2024. La Roja anjlok empat tingkat.

Begitu halnya dengan Australia yang tersingkir di babak perempat final Olimpiade Paris 2024. Sebelumnya Australia meraih perunggu. Kini mereka menempati ranking tujuh dunia dengan 732.5 poin. (rag)

Foto: Getty Images, FIBA

Populer

Charles Barkley Tak Setuju Jika Pemain NBA Dikirim ke Olimpiade
Orlando Magic Jadi Salah Satu Tim dengan Kondisi Finansial Terbaik Musim Depan
Puma Speedcat, Sepatu Balap Retro yang Kembali Tenar
Derek Fisher: NBA Modern Sama dengan WWE
Ekspansi NBA Ditunda Sampai Boston Celtics Terjual
Nike Lakukan Tes Pasar untuk Jordan Poole dengan Nike GT Cut 3 PE
Kisah JoJo dan RiRi yang Kandas Karena Bukan Pemain All-Star
ESPN Incar Shams Charania atau Chris Haynes untuk Ganti Adrian Wojnarowski
Adrian Wojnarowski Pensiun Jadi Jurnalis
Rumor Baru, Clippers Masukkan Penawaran untuk Zach LaVine