Gordon Hayward mengumumkan pengunduran dirinya dari NBA pada hari Kamis (1/8) waktu Amerika Serikat, setelah 14 musim yang termasuk menjadi All-Star pada tahun 2017. Hayward menutup kariernya dengan penuh kekecewaan. 

Produk Butler itu berada di ambang ketenaran di penghujung karier kuliahnya, hampir meraih gelar nasional bersama Bulldogs pada tahun 2010, dengan lemparannya dari setengah lapangan saat bel berbunyi hanya sedikit di sebelah kiri ring dalam apa yang mungkin menjadi momen terliar dalam sejarah basket perguruan tinggi.

Ia kemudian menjadi pilihan nomor sembilan dalam draft NBA di akhir tahun itu, bergabung dengan Utah Jazz, dan di sana ia menjadi All-Star pada tahun 2017. Musim berikutnya, ia pindah ke Boston, bertemu kembali dengan mantan pelatihnya di Butler, Brad Stevens, yang merupakan tokoh kunci yang mengubahnya dari rekrutan bintang tiga yang tidak memiliki peringkat menjadi pemain NBA.

Hayward tidak mengawali dengan baik di Boston, ia mengalami patah tulang tibia dan dislokasi pergelangan kaki dalam cedera mengerikan pada malam pembukaan musim 2017-2018. Setelah mengalami fraktur tibia dan dislokasi pergelangan kaki selama pertandingan pertamanya dengan Celtics, Hayward tidak pernah benar-benar pulih sepenuhnya dan kariernya menurun. Ia mencetak rata-rata 15,2 poin, 4,4 rebound, dan 3,5 asis per pertandingan selama kariernya. Cedera terus mengganggu masa tinggalnya di Celtics, yang menukarnya ke Hornets pada tahun 2020.

Hayward diperdagangkan ke Thunder musim lalu tetapi bermain terbatas karena akuisisi pada trade-deadline 2024 tidak berjalan baik di Oklahoma City. Hayward bermain rata-rata hampir 32 menit per pertandingan di Charlotte dan menjadi pemain inti dalam semua 25 pertandingan yang diikutinya, menjadi pemain yang bermain hanya lebih dari 17 menit dan menjadi pemain inti dalam dua pertandingan saja. 

"Hari ini saya resmi pensiun dari dunia basket," tulis Hayward dalam pernyataan yang dimuat di media sosial. "Ini adalah perjalanan yang luar biasa dan saya sangat berterima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya meraih lebih dari yang pernah saya bayangkan."

Ia merasa frustrasi setelah tersingkir di babak playoff putaran kedua, di mana ia hanya bermain selama 15 menit dalam enam pertandingan seri.

"Mengecewakan dengan bagaimana semuanya berjalan," katanya kepada wartawan setelah eliminasi playoff . "Tentu saja membuat frustrasi. Sebagai pemain, saya merasa memiliki banyak hal untuk ditawarkan. Hanya saja tidak diberi banyak kesempatan untuk melakukan itu. Saya pikir saya akan diberi kesempatan itu."

Meski begitu, Hayward menunjukkan rasa terima kasih kepada para penggemarnya saat kariernya berakhir setelah 835 pertandingan NBA musim reguler di mana ia mencetak rata-rata 15,2 poin dan 4,4 rebound per pertandingan.

"Kepada semua penggemar saya: terima kasih telah mendukung saya melalui suka dan duka," tulis Hayward. "Saya akan selalu menghargai surat-surat penyemangat dan momen-momen yang telah kita lalui bersama di seluruh dunia."

"Anda telah menginspirasi saya untuk selalu bermimpi besar dan berkembang setiap hari dan untuk para pemain muda berikutnya, saya tantang Anda untuk melakukan hal yang sama." (*)

Foto: Barstool Sports

Komentar