Amerika Serikat membuka jalan di Olimpiade Paris 2024 dengan mulus. Dalam gim pertamanya, Amerika Serikat menang 102-76 atas Jepang, Selasa (30/7) waktu Indonesia. Ini adalah kemenangan ke-56 berturut-turut tim putri Amerika Serikat sepanjang ikut serta di olimpiade. 

Laga Amerika Serikat melawan Jepang ini juga merupakan ulangan Final Olimpiade Tokyo 2020 lalu. Keduanya kala itu bertemu dua kali. Selain di final, Amerika Serikat juga menang saat kedua tim bertemu di babak grup. 

Menghadapi Amerika Serikat di Paris, Jepang melakukan segala cara yang memang harusnya mereka upayakan. Bermain cepat dan menembak dari jarak jauh. Jepang melepaskan 39 tripoin dan 15 di antaranya kena sasaran. Ini adalah kali keempat dalam sejarah olimpiade di mana Jepang sangat baik di jurus ini, memasukkan 15 atau lebih tripoin dalam satu gim. Hanya ada satu negara yang pernah melakukan hal serupa yaitu Korea di Olimpiade 1988. 

Amerika Serikat memanfaatkan kekuatan ototnya untuk mendominasi area bagian dalam pertahanan Jepang. Mereka memasukkan 76 persen tembakan dua angka dan unggul jauh pada rebound, 56-27 rebound atas Jepang. 

A'Ja Wilson tak terhentikan dengan 24 poin dan 13 rebound. Breanna Stewart 22 poin. Chelsea Gray meledak dengan 13 asis, meski hanya mencetak 2 poin. Maki Takada menjadi pencetak poin terbanyak Jepang. Takada memasukkan 10 dari 11 tembakannya dan mencetak 24 poin. Takada hanya meleset satu tembakan tripoin (2/3), 8/8 di dua angka, dan 2/2 dari tembakan gratis. 

Amerika Serikat, Jepang, Belgia, dan Jerman ada di Grup C basket putri Olimpiade Paris 2024. Amerika Serikat akan menghadapi Belgia di laga selanjutnya, tulat. Sedangkan Jerman jumpa Jepang, lusa. (DRMK)

Foto: FIBA

Populer

Charles Barkley Tak Setuju Jika Pemain NBA Dikirim ke Olimpiade
Orlando Magic Jadi Salah Satu Tim dengan Kondisi Finansial Terbaik Musim Depan
Puma Speedcat, Sepatu Balap Retro yang Kembali Tenar
Sasha Vezenko Kembali ke Olympiacos Karena Tak Nyaman di NBA
Derek Fisher: NBA Modern Sama dengan WWE
Nike Lakukan Tes Pasar untuk Jordan Poole dengan Nike GT Cut 3 PE
Ekspansi NBA Ditunda Sampai Boston Celtics Terjual
ESPN Incar Shams Charania atau Chris Haynes untuk Ganti Adrian Wojnarowski
Kisah JoJo dan RiRi yang Kandas Karena Bukan Pemain All-Star
Sisi Romantis LeBron James Keluar Saat Ulang Tahun Istrinya