Partai ulangan Final IBL musim lalu tersaji di semifinal IBL 2024 yang mempertemukan Pelita Jaya Jakarta melawan Prawira Harum Bandung. Bertindak sebagai tamu di Gim 1, Pelita Jaya harus bersusah-payah untuk mengamankan kemenangan dengan skor akhir 84-80. Ini jadi kemenangan pertama Pelita Jaya atas Prawira di Playoff setelah Prawira menyapu bersih final tahun lalu 2-0. 

Laga berlangsung sengit. Prawira yang mendapatkan dukungan publik Bandung mengambil inisiatif permainan. Sempat membuka jarak sampai delapan poin di awal, Prawira kehilangan momentum di lima menit selanjutnya hingga harus puas menutup kuarter pertama dengan skor imbang 17-17.

Prawira coba kembali mengambil momentum di 10 menit kedua. Mereka berhasil menjga jarak di kisaran lima poin lewat banyaknya offensive rebound. Ya, offensive rebound membuat Prawira terus di atas Pelita Jaya meski Sang Tamu menembak 53 persen di kuarter ini. Prawira mendapatkan 6 offensive rebound yang berujung 8 second chance points. Prawira unggul 41-37 menuju jeda antarbabak. 

Setelah lima menit pertama pascajeda yang berlangsung alot, angin mulai bergerak ke arah Pelita Jaya. Pertahanan Pelita Jaya yang lebih solid membuat Prawira melakukan 8 turnover di kuarter 3 ini. Menariknya, Prawira menutup laga dengan 13 turnover saja. Dalam 10 menit kuarter tiga ini, Pelita Jaya melaju (24-13) dan berbalik unggul 63-54. 

Seperti biasa, Prawira tak mau menyerah begitu saja, apalagi di Bandung. Dua menit pertama kuarter empat mereka buka dengan laju (8-0) untuk membuat kedua tim berjarak tiga poin saja. Prawira akhirnya kembali unggul setelah tripoin Yudha Saputera menemukan sasaran saat laga tersisa lima menit. 

Namun, keunggulan ini justru memantik semangat Pelita Jaya untuk bangkit. Setelah dua tembakan gratis Anthony Beane Jr. menyamakan kedudukan, KJ McDaniels melaju seorang diri dengan mencetak tujuh poin beruntun. Saat pertahanan Prawira fokus pada KJ, giliran Justin Brownlee yang panas dengan lima poin beruntun. Andakara Prastawa memberikan penutup yang manis lewat tembakan dua angkanya di sisa 18 detik. Upaya timeout Prawira berujung dengan tripoin untuk Manuel Suarez yang sayangnya tak menemukan sasaran. Pelita Jaya menang di Bandung untuk kali kedua musim ini.

Tembakan kemenangan Prastawa adalah satu-satunya tembakan yang berhasil ia ceploskan hari ini dari lima percobaan. Kemenangan Pelita Jaya dipimpin oleh trio mematikan mereka yang solid di lima menit terakhir tadi. KJ mencetak 24 poin dan 4 rebound selama 25 menit bermain dari 9/12 tembakan. Brownlee menyusul dengan 22 poin, 5 rebound, 4 asis, 3 steal, dari 9/14 tembakan. Ia jadi pemain terlama di lapangan untum Pelita Jaya dengan 34 menit. Beane yang memulai gim dari bangku cadangan menambahkan 18 poin dari 6/17 tembakan. 

Untuk Prawira, Yudha jadi yang paling subur dengan 20 poin dan 6 asis. Yudha memasukkan 7/11 tembakan yang 6 di antaranya adalah tripoin. Yudha total bermain 36 menit, terlama dari seluruh pemain di gim ini. Brandone Francis menyusul dengan 19 poin, 4 rebound, 4 asis. Antonio Hester dobel-dobel dari bangku cadangan dengan 15 poin plus 11 rebound. 

Gim 2 akan digelar di Tangerang, lusa. Sejauh ini, Pelita Jaya belum menelan kekalahan di Playoff IBL 2024. Tiga kali bermain, tiga kali menang. (DRMK)

Foto: IBL Indonesia 

Populer

Charles Barkley Tak Setuju Jika Pemain NBA Dikirim ke Olimpiade
Orlando Magic Jadi Salah Satu Tim dengan Kondisi Finansial Terbaik Musim Depan
Puma Speedcat, Sepatu Balap Retro yang Kembali Tenar
Sasha Vezenko Kembali ke Olympiacos Karena Tak Nyaman di NBA
Derek Fisher: NBA Modern Sama dengan WWE
Nike Lakukan Tes Pasar untuk Jordan Poole dengan Nike GT Cut 3 PE
Ekspansi NBA Ditunda Sampai Boston Celtics Terjual
ESPN Incar Shams Charania atau Chris Haynes untuk Ganti Adrian Wojnarowski
Sisi Romantis LeBron James Keluar Saat Ulang Tahun Istrinya
Kisah JoJo dan RiRi yang Kandas Karena Bukan Pemain All-Star