Salah satu komentar yang menjadi perdebatan pada FIBA Basketball World Cup 2023 lalu adalah tentang permainan fisik di FIBA lebih berat daripada NBA. Tapi tahun ini, salah satu pemain timnas Amerika Serikat Joel Embiid tidak merasa demikian. Justru permainan fisik di dua kompetisi tersebut sama. 

Pada FIBA Basketball World Cup 2023, anggota Tim AS Bobby Portis dan Tyrese Haliburton menekankan poin ini, "Permainan ini (FIBA) jauh lebih fisik."

Setelah komentar tersebut, ada kepercayaan bahwa bola basket FIBA ​​jauh lebih fisik daripada NBA. Dengan wasit yang mengizinkan lebih banyak kontak, yang memaksa pemain untuk menyesuaikan gaya mereka agar bisa bermain dengan baik. 

Namun, bagi MVP NBA 2023 Joel Embiid , fisik FIBA ​​tidak berbeda dengan NBA. "Sama saja," ungkapnya kepada media setelah Tim AS mengalahkan Serbia 105-79 pada hari Rabu.

Dalam pertandingan itu, Embiid berhadapan dengan MVP NBA Nikola Jokic, yang menuntaskan pertandingan dengan 8 poin, 8 rebound dan 3 asis. Ketika ditanya tentang duel dengan Jokic, Embiid merasa sudah terbiasa dengan permainannya.

"Ini adalah pertandingan AS melawan Serbia, jadi saya senang kami menang. Meski begitu, masih banyak hal yang harus dikerjakan, tetapi ini adalah awal yang baik," katanya.

Satu hal yang masih harus diperbaiki menurut bintang Philadelphia 76ers tersebut adalah menyatukan chemistry dengan pemain lainnya. 

"Ini baru. Kami masih berusaha membangun chemistry dan saling memahami. Saya rasa beberapa kesalahan yang kami buat, sebagian besar karena miskomunikasi," kata Embiid tentang Curry dan James. "Tapi ini bagus. Saya menikmati hidup saya. Saya tidak perlu melakukan apa pun. Saya senang bersantai. Hanya nongkrong melakukan hal-hal kecil dan bermain bersama serta menang."

Setelah ini, Tim AS akan terbang ke London. Mereka kembali menjalani pertandingan uji tanding melawan Sudan Selatan dan Jerman, pada 20 dan 22 Juli 2024. (*)

Foto: Sporting News

Populer

Charles Barkley Tak Setuju Jika Pemain NBA Dikirim ke Olimpiade
Orlando Magic Jadi Salah Satu Tim dengan Kondisi Finansial Terbaik Musim Depan
Puma Speedcat, Sepatu Balap Retro yang Kembali Tenar
Derek Fisher: NBA Modern Sama dengan WWE
Ekspansi NBA Ditunda Sampai Boston Celtics Terjual
Nike Lakukan Tes Pasar untuk Jordan Poole dengan Nike GT Cut 3 PE
Kisah JoJo dan RiRi yang Kandas Karena Bukan Pemain All-Star
ESPN Incar Shams Charania atau Chris Haynes untuk Ganti Adrian Wojnarowski
Adrian Wojnarowski Pensiun Jadi Jurnalis
Rumor Baru, Clippers Masukkan Penawaran untuk Zach LaVine