Jaylen Brown mengucapkan selamat atas terpilihnya Derrick White masuk ke Timnas Amerika Serikat ke Olimpiade Paris 2024. Ia menjadi pemain Boston Celtics ketiga yang masuk ke roster.

Selain White, ada Jayson Tatum dan Jrue Holiday. Bersama Brown dan Kristaps Porzingis (Latvia), mereka menjadi starter Celtics musim ini. Meski pada penghujung musim Porzingis mengalami cedera dan digantikan oleh Al Horford.

Tidak masuknya Brown sedikit memunculkan perdebatan. White sendiri masuk untuk menggantikan Kawhi Leonard yang mengundurkan diri. Meski sempat mengirim pesan tersirat dan tidak mau membahas soal timnas, Brown mendukung rekan-rekannya di Olimpiade.

“Saya segera menelpon Derrick. Hanya untuk memastikan tidak ada salah paham, saya mendukungnya. Dia tahu hal itu. Kita tidak selalu harus mempublikasikan semuanya. Saya pun baik-baik saja,” ujar Brown kepada ESPN di sela-sela Summer League di Las Vegas.

Brown sendiri memiliki capaian yang lebih mentereng dibanding rekan-rekannya. Secara tim, Celtics memang sangat solid, baik starter maupun bangku cadangan. Brown sendiri menyabet gelar MVP Wilayah Timur dan MVP Final NBA 2024.

Pemain berusia 27 tahun itu juga sempat melakukan kritik terbuka terkait keterlibatan Nike sebagai sponsor dalam memilih pemain. Brown memang belum memiliki kerja sama sama dengan merk sepatu. Ia dan Adidas sudah berakhir tiga tahun lalu.

“Saya yakin soal hal itu,” jawab Brown saat ditanya tentang peran Nike yang menggagalkannya masuk Timnas AS. “Akan lebih banyak hal lagi tetapi saya tidak akan berkomentar lebih lanjut.”

Di sisi lain, Managing Director USA Basketball Grant Hill menampik soal keterlibatan Nike. Ia mengatakan bahwa memilih pemain timnas merupakan keputusan yang sulit. Ia harus menyesuaikan dengan kebutuhan tim dan White merupakan pemain yang cocok. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar