Olimpiade 2024 Paris semakin dekat. Bergantian, tm-tim peserta mulai mengumumnkan skuad mereka untuk ajang multicabang terbesar dalam sejarah ini. Salah satunya adalah tim nasional (timnas) Spanyol yang sudah mengercutkan nama menjai 12 pemain saja. 

Tak banyak perubahan dalam skuad Spanyol dari skuad terakhir mereka di Olympic Qualifying Tournament (OQT) Valencia yang mana mereka keluar sebagi juara. Tercatat hanya ada satu perubahan dari skuad tersebut. Sergio Scariolo, kepala pelatih Spanyol, menarik pemain muda, Juan Nunez, untuk memasukkan salah satu veteran, Alex Abrines. 

Abrines sendiri sejatinya selalu masuk dalam skuad yang dibentuk oleh Scariolo. Selain usia matang dan kemampuan yang tepat, Abrines juga sudah memiliki segudang pengalaman, baik di level internasional hingga NBA. Namun, Abrines absen di Piala Dunia FIBA 2023 dan OQT lalu karena cedera. Kini ia dalam kondisi fit dan siap melakoni olimpiade kedua dalam kariernya setelah edisi 2016 Rio. Sepanjang kariernya di Spanyol bersama Barcelona dan Unicaja, Abrines menembak 42 persen dari tripoin. 

Skuad Spanyol kali ini hanya punya satu nama yang masih bersaing di NBA. Ia adalah Santi Aldama yang membela Memphis Grizzlis. Aldama yang pada OQT Valencia lalu terpilih menjadi MVP masih berusia 23 tahun dan kini sudah menjalani musim ketiganya bersama Grizzlis. Perlahan namun pasti, Aldama terus mendapatkan peningkatan peran dan menit bermain di Grizzlies. 

Spanyol membawa satu pemain naturalisasi dalam diri Lorenzo Brown. Pemain yang musim lalu membela Maccabi Tel Aviv ini bermain sebagai garda dan memiliki kemampuan menyeran yang cukup komplet. Brown yang musim depan akan membela Panathinaikos ini sudah membela Spanyol sejak EuroBasket 2022 lalu. Mereka mendapatkan medali emas yang berujung pada lolosnya Spanyol ke Piala Dunia FIBA 2023. Sayangnya, Brown tak bisa turut serta di Piala Dunia FIBA 2023 yang membuat Spanyol babak-belur dan hanya sampai putaran kedua turnamen. 

Ini juga akan jadi Olimpiade bahkan mungkin laga terakhir untuk pemain kawakan, Rudy Fernandez. Ia telah mengumumkan akan pensiun setelah Olimpiade 2024 Paris. 

Spanyol bergabung di Grup A, grup yang diyakini sebagai Grup Neraka. Mereka akan bersaing dengan Yunani, Kanada, dan Australia. Laga Olimpiade 2024 Paris di nomor putra akan dimulai pada 27 Juli sampai 11 Agustus. Berikut dafar 12 nama pemain Spanyol. (DRMK)

Santi Aldama (Memphis Grizzlies)
Dario Brizuela (FC Barcelona)
Lorenzo Brown (Maccabi Tel Aviv)
Alberto Diaz (Unicaja Malaga)
Rudy Fernandez (Real Madrid)
Usman Garuba (Free Agent)
Juancho Hernangomez (Panathinaikos Athens)
Willy Hernangomez (FC Barcelona)
Sergio Llull (Real Madrid)
Xabi Lopez-Arostegui (Valencia)
Alex Abrines (FC Barcelona)
Jaime Pradilla (Valencia)

Populer

Charles Barkley Tak Setuju Jika Pemain NBA Dikirim ke Olimpiade
Orlando Magic Jadi Salah Satu Tim dengan Kondisi Finansial Terbaik Musim Depan
Puma Speedcat, Sepatu Balap Retro yang Kembali Tenar
Sasha Vezenko Kembali ke Olympiacos Karena Tak Nyaman di NBA
Derek Fisher: NBA Modern Sama dengan WWE
Nike Lakukan Tes Pasar untuk Jordan Poole dengan Nike GT Cut 3 PE
Ekspansi NBA Ditunda Sampai Boston Celtics Terjual
ESPN Incar Shams Charania atau Chris Haynes untuk Ganti Adrian Wojnarowski
Kisah JoJo dan RiRi yang Kandas Karena Bukan Pemain All-Star
Sisi Romantis LeBron James Keluar Saat Ulang Tahun Istrinya