Bintang Los Angeles Lakers LeBron James kembali berseragam "Ungu & Emas" dengan kontrak baru berdurasi dua tahun senilai 101,4 juta dolar Amerika. Kontrak tersebut membuatnya terikat hingga tahun 2026. Dia  juga memiliki opsi pemain untuk musim 2025-2026. Namun dalam sebuah wawancara, LeBron mengatakan dirinya tidak yakin apakah dia bersedia menandatangani kontrak NBA lagi setelah kontrak tersebut berakhir.

"Maksud saya, ini bisa jadi (kontrak terakhir yang akan saya tandatangani). Saya tidak akan pernah duduk di sini dan berkata, 'Oh, mungkin tidak.' Ya, bisa saja. Mudah saja. Tapi kita lihat saja apa yang terjadi," ujar LeBron James dalam wawancara dengan Dave McMenamin dari ESPN.

Jika LeBron memainkan sisa kontraknya saat ini, maka pemain berusia 39 tahun tersebut akan melampaui pemain Hall of Fame Vince Carter untuk jumlah musim terbanyak yang dimainkan dalam karier NBA yaitu 23 musim. Namun yang paling penting adalah komitmen untuk kembali dan membantu Lakers bangkit kembali dari tersingkir di babak playoff putaran pertama, meski masa depannya dalam jangka panjang di tim tersebut masih jauh dari kepastian.

LeBron sudah mencapai prestasi yang rasanya sulit dipecahkan pemain lain. Dia telah mencetak banyak rekor sepanjang karier legendarisnya, dan tidak banyak lagi yang bisa diraihnya yang belum pernah diraihnya sebelumnya. 

LeBron sudah menjadi pencetak poin terbanyak sepanjang masa NBA dengan empat gelar MVP, serta memenangkan empat gelar juara dengan tiga tim berbeda. Ia memperoleh penampilan All-Star ke-20 selama musim kompetisi 2023-2024, yang sekaligus mencetak rekor NBA baru. Ayah Bronny James tersebut mengakhiri musim dengan rata-rata 25,7 poin dan 8,3 asis per pertandingan dengan persentase tembakan 54/41/75, yang menandai musim kedua dalam kariernya, di mana ia berhasil memasukkan setidaknya 40 persen dari tripoin. 

Terakhir LeBron juga akan mewujudkan mimpinya dengan bermain bersama putranya, Bronny James, musim depan. Lakers memilih James yang lebih muda dengan pilihan keseluruhan No. 55 dalam draft NBA 2024, kemudian mengontraknya dengan kontrak empat tahun senilai 7,9 juta dolar Amerika.

Mungkin sudah saatnya LeBron berpikir pensiun. Namun sebelum itu terjadi, penggemar LeBrom masih berharap pemain idolanya bisa mendapatkan medali emas di Olimpiade Paris 2024, bersama timnas Amerika Serikat. (*)

Foto: Marca.com

Komentar