LeBron James tidak membutuhkan pengalaman Olimpiade lagi untuk melengkapi catatan kariernya. Karena dia sudah pernah mendapatkan medali emas sebelumnya. Tapi dia memutuskan untuk bermain musim panas ini karena satu alasan sederhana, yaitu karena dia memang ingin tampil. Meski demikian, LeBron tetap mengincar medali emas di Paris.

LeBron pertama kali bermain di tim Olimpiade Amerika Serikat saat berusia 19 tahun. Ia melakukannya lagi saat berusia 20-an, sebanyak dua kali. Dan kini, beberapa bulan menjelang usia 40, ia kembali untuk sekali lagi tampil.  

Latihan pertama timnas Amerika Serikat dilakukan bertepatan pada hari pertama bagi Bronny James bermain di Summer League bersama Los Angeles Lakers. LeBron ternyata tidak meminta libur. Dia tetap berlatih, dan membuat kepala pelatih Steve Kerr terkesan.

"Saya terkesima dengan seberapa keras ia berlatih," kata Kerr. "Saya menemui Ty (Tyronn Lue) dan Spo (Erik Spoelstra), dan saya bertanya, 'Apakah ini normal?' Dan mereka berkata, 'Setiap hari, setiap hari.' Dan kemudian saya bertanya kepada Spo, 'Bagaimana dengan saat Anda melatihnya dulu?' Dan Spo berkata, 'Setiap hari, setiap latihan, setiap langkah.'"

Kerr, sebagai kepala pelatih Golden State Warriors, telah melawan LeBron James di empat Final NBA. Tapi baru pertama kali Kerr bekerja dengan LeBron. Sehingga wajar kalau Kerr kagum dengan apa yang dilakukan LeBron dalam latihan. 

LeBron James merupakan bagian dari tim Amerika Serikat yang memenangkan medali perunggu di Olimpiade 2004 di Athena dan FIBA World Championship (sekarang FIBA Basketball World Cup) di Jepang. Sejak saat itu, Amerika tidak terkalahkan saat LeBron James mengenakan lambang USA di dadanya dalam pertandingan internasional.

Bahkan setelah tidak bermain di Rio de Janeiro atau Tokyo, LeBron James akan berpartisipasi dalam Olimpiade keempatnya. Menyamai rekor pemain putra Amerika Serikat mana pun yang berpartisipasi. Hanya Carmelo Anthony yang bermain di empat Olimpiade untuk timnas Amerika Serikat hingga saat ini. Kevin Durant juga akan bermain di Olimpiade keempatnya musim panas ini.

"Tujuan kami (di Paris) hanya satu," kata LeBron, "adalah memenangkan medali emas." (*)

Foto: Steve Marcus - AP

Komentar