Bintang Boston Celtics yang juara NBA 2024, Jayson Tatum, tidak hadir pada hari Sabtu (6/7) waktu Amerika Serikat, saat pembukaan kamp pelatihan tim nasional bola basket Amerika Serikat untuk Olimpiade. Tatum absen dengan alasan pribadi. Kabarnya Tatum akan datang di latihan ketiga. 

Tatum salah satu dari dua pemain Celtic di tim Amerika Serikat kali ini, bersama dengan Jrue Holiday. Keduanya sedang mencari medali emas Olimpiade kedua, setelah menjadi bagian dari tim Amerika Serikat yang meraih medali emas di Olimpiade Tokyo, tiga tahun lalu. Tatum rata-rata mencetak 15,2 poin untuk Amerika di Olimpiade tersebut, peringkat kedua di tim setelah Kevin Durant yang mencetak 20,7 poin per pertandingan. 

Sebenarnya, Tatum sudah berada di Las Vegas hampir sepanjang minggu sebelum dimulainya kamp pelatihan timnas Amerika Serikat. Dia menyelenggarakan kamp elitnya sendiri untuk pemain sekolah menengah dan perguruan tinggi. Bam Adebayo juga menjadi bagian dari kamp tersebut, namun Adebayo sudah bergabung dengan LeBron James dan rekan-rekan. 

Kepala pelatih Steve Kerr mengatakan kalau Tatum akan menjalani latihan ketiga dari empat latihan di Las Vegas. Tim Amerika Serikat akan memainkan pertandingan eksibisi pertamanya pada hari Rabu melawan Kanada, kemudian berangkat pada hari Kamis selama hampir lima minggu di luar negeri. Mereka akan berada di Abu Dhabi untuk dua pertandingan, kemudian ke London untuk dua pertandingan lagi, lalu akhirnya ke Paris untuk Olimpiade.

Olimpiade akan menjadi penutup beberapa bulan yang sibuk bagi Tatum. Pemain All-Star lima kali itu membantu Celtics memenangkan gelar NBA pertama mereka sejak 2008 bulan lalu. Kemudian dia memulai offseason-nya dengan menyetujui perpanjangan kontrak senilai 314 juta dolar Amerika selama lima tahun yang dapat membuatnya tetap di Boston hingga musim 2029-2030. 

Tatum rata-rata mencetak 26,9 poin, 8,1 rebound, dan 4,9 asis per gim musim lalu untuk Celtics, dan telah mencetak rata-rata 23,1 poin, 7,2 rebound, dan 3,5 asis dalam tujuh musim NBA pertamanya. (*)

Foto: Celtics Blog

Komentar