NBA All-Star enam kali DeMar DeRozan sedang menyelesaikan kesepakatan sign-and-trade dengan Sacramento Kings, menurut Adrian Wojnarowski dan Tim Bontemps dari ESPN. Kings akan mendapatkan veteran "free agent" DeMar DeRozan, mencakup pemindahan Harrison Barnes ke San Antonio Spurs dan Chris Duarte ke Chicago Bulls.

DeRozan akan bergabung dengan Kings dalam kesepakatan sign-and-trade yang melibatkan Chicago Bulls dan San Antonio Spurs, menyetujui kesepakatan tiga tahun senilai 74 juta dolar Amerika. Sebagai gantinya, Kings mengirimkan Harrison Barnes ke Spurs dan Chris Duarte, dua pilihan putaran kedua dan uang tunai ke Bulls.

DeRozan menghabiskan tiga musim terakhir bersama Chicago Bulls. Pada 2023-2024, DeRozan mencetak rata-rata 24,0 poin, 4,3 rebound, dan 5,3 asis per gim dengan akurasi tembakan 48 persen. Dia menyelesaikan musim sebagai pemimpin menit NBA setelah bermain 44 menit dalam kekalahan perpanjangan waktu Bulls, 120-119, dari New York pada hari terakhir musim reguler. DeRozan mencatatkan total menit bermain sebanyak 2.988 menit, terbanyak ketiga dalam kariernya dan terbanyak sejak musim 2013-2014.

Pemain 34 tahun menjadi pemain pertama sejak LeBron James pada tahun 2018 yang memimpin liga dalam hal menit bermain di usia 30-an. Sebelumnya, Elvin Hayes pada 1976-1977 adalah pemain terakhir yang memimpin NBA dalam hitungan menit di usia 30-an. Menit DeRozan juga menjadi yang terbanyak sejak Bradley Beal yang menyelesaikan musim dengan 3.028 menit pada 2018-2019.

Kings kini menambahkan DeRozan ke inti tim yang mencakup All-Star De'Aaron Fox, Domantas Sabonis, dan penyerang muda yang menjanjikan yaitu Keegan Murray. DeRozan, yang tiga kali terpilih sebagai All-NBA, merupakan pilihan kesembilan secara keseluruhan oleh Toronto Raptors pada tahun 2009 dan telah bermain untuk Raptors, Spurs, dan Bulls selama 15 musim. Ia telah mencetak rata-rata 21,2 poin, 4,4 rebound, dan 4,1 asis dalam 1.110 pertandingan NBA sepanjang kariernya.

Selain mendatangkan DeRozan, Kings juga mengontrak Malik Monk, runner-up Sixth Man of the Year musim lalu, dengan kesepakatan empat tahun senilai 78 juta dolar Amerika. Alex Len juga akan tetap di Kings setelah menyetujui kontrak satu tahun senilai 3,3 juta dolar Amerika, menurut laporan The Athletic.

Di sisi lain, Spurs mendapatkan Barnes untuk bergabung dengan Chris Paul bersama Rookie of the Year, Victor Wembanyama. Barnes mencetak rata-rata 12,2 poin dan tiga rebound untuk Kings, dengan akurasi tembakan keseluruhan 47,4 persen dan 38,7 persen dari tripoin. 

Sementara itu, Chicago memutuskan hubungan dengan DeRozan dan mengambil langkah lebih jauh menuju peremajaan pemain setelah mengakuisisi Josh Giddey dari Oklahoma City Thunder. Duarte merupakan penerima penghargaan All-Rookie pada 2021-2022 bersama Indiana sebelum ditukar ke Kings, di mana ia berjuang melawan cedera dan waktu bermain di tengah kebangkitan Sacramento.

Setelah kabar Kings dan DeRozan sudah sepakat, penggemar Lakers mengecam tim kesayangannya, karena gagal mendatangkan pemain asli Los Angeles itu ke daftar pemain musim depan. Apalagi berita tentang penandatanganan DeRozan dengan Kings muncul setelah Lakers gagal mendatangkan Klay Thompson, yang bergabung dengan Dallas Mavericks. 

Lakers ingin membuat gebrakan di offseason ini dengan mendatangkan bintang lain bersama LeBron James dan Anthony Davis, tetapi sejauh ini belum berhasil. Sementara itu, tim-tim yang menghalangi Lakers meraih gelar juara lainnya justru semakin kuat. Kings sudah hampir menjadi pesaing serius di babak playoff, dan perekrutan DeRozan justru membuat mereka semakin baik. 

Waktu terus berjalan bagi Lakers untuk meningkatkan daftar pemainnya di offseason, namun banyak pemain bintang "free agent" yang sudah direkrut tim lain. (*)

Foto: Bleacher Report

Komentar