Keisei Tominaga memiliki kesempatan untuk masuk NBA. Dari laporan media Amerika Serikat, Indiana Pacers memberi Tominaga kontrak Exhibit 10. Dengan begitu, Tominaga akan mengikuti kamp pelatihan Pacers menjelang musim 2024-2025 pada September mendatang.

“Pacers telah mengontrak garda Nebraska Keisei Tominaga dengan kontrak Exhibit 10, kesepakatan kamp pelatihan tetapi kemungkinan akan membuatnya menghabiskan musim ini bersama Mad Ants,” tulis laporan dari IndyStar.

Dengan mendapatkan kontrak Exhibit 10, seorang pemain memiliki peluang bergabung dengan tim afiliasi NBA. Jika Tominaga bisa menunjukkan kemampuannya di kamp pelatihan, ia bisa saja mendapat kontrak dua arah (two-way contract), yang memungkinkan Tominaga bermain di Pacers dan G League, Mad Ants.

Tominaga bermain di NCAA Divisi I dengan University of Nebraska pada 2021-2024. Pemain asal Moriyama, Prefektur Aichi, Jepang itu menjadi salah satu penembak paling efisien di Big Ten. Ia mendapat julukan Japanese Stephen Curry.

Julukan semakin melekat pada Tominaga. Ia juga bergabung dengan Under Armour di bawah Curry Brand pada Juni lalu. Tominaga menjadi atlet internasional pertama dalam Curry Brand.

Tominaga mencatat rata-rata 15,1 poin dalam 26 menit pada musim lalu dengan Nebraska. Ia juga membukukan rataan 2,3 rebound dan 1,4 asis per gim. Tominaga memiliki akurasi tripoin 37,6 persen. Catatan itu membuat Tominaga masuk dalam All-Big Ten Second Team.

Poin Tominaga umumnya tercatat dari tripoin. Tominaga mencuri perhatian dengan mencetak 28 poin melawan Indiana University pada 1 Januari 2024. Pada musim lalu, Tominaga mencetak total 76 tripoin.

Tentunya Tominaga masih perlu meningkatkan level defensivenya agar bisa menembus NBA. Pada NBA Draft 2024, Tominaga undrafted. Tetapi kemampuannya tembakan jarak jauhnya menarik minat Pacers. Setidaknya akan akan mendapat kontrak dua arah. Selain Tominaga, ada Josiah-Jordan James yang memiliki Exhibit 10. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar