Kenapa Stephen Curry Tidak Bisa Menggunakan No. 30 di Olimpiade?

| Penulis : 

Stephen Curry identik dengan No. 30. Nomor tersebut menjadi nomor punggung keluarga Curry. Tetapi Curry tidak bisa memakai nomor tersebut saat berseragam Tim Nasional Amerika Serikat. Kenapa?

Curry tidak bisa menggunakan nomor kebanggaannya itu karena tradisi Timnas AS. Mereka hanya menyediakan No. 4 hingga No. 15. Nomor-nomor itu dipakai secara turun-temurun. USA Basketball juga memberi sebuah kartu yang berisi siapa saja pemain yang pernah menggunakan setiap nomor.

Dalam Timnas AS, Curry menggunakan No. 4. Nomor tersebut telah ia gunakan saat berlaga di Piala Dunia FIBA 2014. Saat tampil di Piala Dunia FIBA 2010, Curry memakai No. 11. Pada Olimpiade Paris 2024 nanti, kita akan melihat Curry dengan jersey AS lagi dan memakai No. 4.

Baca juga: Kegembiraan Stephen Curry Kembali ke Pemusatan Latihan Timnas AS

No. 30 telah dipakai Curry sejak bermain untuk Davidson College. Tim Wildcats sendiri sudah memmensiunkan nomor tersebut. Selain itu, ayah Curry, Dell, juga memakai No. 30 saat aktif sebagai pemain Charlotte Hornets. Adik Curry, Seth, pun mengenakan No. 30 di NBA.

Lain halnya dengan LeBron James. Pemain Los Angeles Lakers itu tetap bisa menggunakan nomor kesayangannya yaitu No. 6 di Timnas AS. Tetapi di NBA, LeBron memakai No. 23 dalam dua musim terakhir. Sebab, No. 6 dipensiunkan oleh NBA untuk Bill Russell.

Curry kembali memperkuat AS setelah 10 tahun. Olimpiade Paris 2024 akan menjadi debutnya dalam multievent tersebut. Curry memiliki kesempatan berlaga di Olimpiade sebelumnya. Tetapi ia memilih absen karena ingin pemulihan cedera.

Pertandingan internasional terakhirnya, Curry mengantar AS menjadi juara dunia 2014 di Spanyol. Dalam turnamen tersebut, ia mencatat 10.7 poin, 2,8 rebound, dan 2,9 asis per gim dengan akurasi tembakan 40,8 persen. (rag)

 

Daftar Nomor Punggung Timnas AS di Olimpiade Paris 2024

4. Stephen Curry

5. Anthony Edwards

6. LeBron James

7. Kevin Durant

8. Kawhi Leonard

9. Tyrese Haliburton

10. Jayson Tatum

11. Joel Embiid

12. Jrue Holiday

13. Bam Adebayo

14. Anthony Davis

15. Devin Booker

 

Foto: Getty Images

Populer

Charles Barkley Tak Setuju Jika Pemain NBA Dikirim ke Olimpiade
Orlando Magic Jadi Salah Satu Tim dengan Kondisi Finansial Terbaik Musim Depan
Derek Fisher: NBA Modern Sama dengan WWE
Puma Speedcat, Sepatu Balap Retro yang Kembali Tenar
Ekspansi NBA Ditunda Sampai Boston Celtics Terjual
Nike Lakukan Tes Pasar untuk Jordan Poole dengan Nike GT Cut 3 PE
Kisah JoJo dan RiRi yang Kandas Karena Bukan Pemain All-Star
ESPN Incar Shams Charania atau Chris Haynes untuk Ganti Adrian Wojnarowski
Adrian Wojnarowski Pensiun Jadi Jurnalis
Rumor Baru, Clippers Masukkan Penawaran untuk Zach LaVine