Klay Thompson akhirnya mengucapkan salam perpisahan kepada Golden State Warriors melalui unggahan Instagram pada hari Jumat (5/7) waktu Amerika Serikat. Sudah hampir seminggu sejak Klay Thompson resmi meninggalkan Warriors dan pindah ke Dallas Mavericks dengan biaya transfer yang besar. Selama waktu tersebut, banyak cerita bermunculan yang merinci kabar tidak mengenakkan dari perpisahannya dengan Warriors yang merekrutnya di urutan ke-11 sekitar 13 tahun lalu. Tampaknya Klay ingin mengakhiri semua rumor yang beredar di media.

Pada Jumat malam, Thompson akhirnya angkat bicara tentang kepergiannya. Pemain yang lima kali masuk dalam All-Star itu mengunggah ucapan perpisahan yang mengharukan kepada para penggemar Warriors di Instagram. 

"Dari lubuk hati saya, terima kasih banyak untuk saat-saat terbaik dalam hidup saya," tulis Thompson dalam keterangan foto. "Merupakan suatu kehormatan untuk mengenakan kaus Dubs sejak hari pertama. Saya hanya ingin menjadi yang terbaik dan membantu membawa sebanyak mungkin kejuaraan ke wilayah ini."

Pemain All-Star lima kali ini menghabiskan 13 tahun pertama kariernya bersama organisasi tersebut setelah ia dipilih oleh Golden State Warriors dengan pilihan keseluruhan No. 11 dalam draft NBA 2011. Pada awal pekan ini, Thompson bergabung dengan Dallas Mavericks dengan kontrak tiga tahun senilai 50 juta dolar Amerika sebagai bagian dari perjanjian penandatanganan dan perdagangan dengan Warriors. Golden State menerima dua pilihan putaran kedua dari Dallas sebagai imbalan atas kontrak baru Thompson, menurut Adrian Wojnarowski dari ESPN. 

Musim 2023-2024 penuh gejolak bagi Thompson, karena rata-rata perolehan poinnya sebesar 17,9 poin per pertandingan merupakan pencapaian terendahnya sejak 2013-2014. Thompson juga sering kali naik turun antara susunan pemain inti dan bangku cadangan, karena ia tampil dalam 14 pertandingan sebagai pemain cadangan.

"Saya hanya ingin menjadi yang terbaik dan membantu membawa sebanyak mungkin kejuaraan ke wilayah ini. Namun, bagian terbaiknya bukanlah cincin itu, melainkan persahabatan yang saya jalin yang akan bertahan seumur hidup. Keluarga saya dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang hebat yang bekerja tanpa lelah untuk menjadikan organisasi (Warriors) berkelas dunia. Jangan bersedih karena semuanya sudah berakhir, berbahagialah karena itu terjadi. Sampai kita bertemu lagi. Kapten kapal pamit."  

Setiap penggemar Warrior yang membaca postingan ini pasti merasa sedikit emosional saat ini. Bagaimanapun, Thompson memainkan peran penting dalam membangun dinasti Golden State Warriors. Thompson merupakan bagian penting dari tim Warriors yang memenangkan empat gelar juara dari tahun 2015 hingga 2022. Ia memperoleh dua nominasi All-NBA dan saat ini berada di peringkat ke-6 dalam daftar pencetak poin sepanjang masa tim tersebut.

Meskipun waktunya bersama Golden State berakhir pada hari Senin, jelas bahwa ia sudah berupaya melepas kenangan manis dengan Warriors. Thompson kini bisa memulai babak baru dalam perjalanan kariernya di NBA. (*)

Foto: Mercury News

Komentar