Oklahoma City Thunder telah melakukan pergerakan. Mereka menukar Josh Giddey dengan Alex Caruso dari Chicago Bulls. Padahal Giddey merupakan pemain inti dan menjadi dari bagian keganasan Thunder pada musim 2023-2024. Manajer Umum Thunder Sam Presti buka suara tentang pertukaran tersebut.

Dalam rilis resmi Thunder pada Jumat (21/6) waktu setempat, mereka melakukan evaluasi terkait hasil pada musim 2023-2024. Pelatih Mark Daigneault mencadangkan Giddey. Meski memiliki kemampuan ball-handler dan playmaker, tetapi Giddey memiliki kelemahan dalam tembakan.

Pemain asal Australia itu tidak menyukai gagasan tersebut. Ia tidak ingin duduk dibangku dangan. Menurut penjelasan Presti, Giddey meminta untuk pertukaran. Dengan pertukaran dengan Bulls itu, kebersamaan Giddey dan Thunder sejak NBA Draft 2021 berakhir.

“Dia aspek penting dari visi kami sejak merekrutnya tahun 2021. Kami telah berkembang pesat dan dinamis dengan cara yang tidak pernah kami antisipasi. Oleh karena itu, sejak kami memulai diskusi internal, kami memutuskan menarik Josh ke bangku cadangan. Itu adalah pilihan terbaik kami untuk memaksimalkan kemampuannya dan mengerahkan tim kami lebih efisien selama 48 menit,” tulis Presti.

Pertukaran itu dinilai keputusan yang sama-sama menguntungkan untuk semua pihak. Giddey mungkin akan mendapatkan peran utamanya di Bulls. Mereka dikabarkan juga akan melepas Zach LaVine dan DeMAr DeRozan sebagai agen bebas.

Sedangkan kehadiran Caruso di Oklahoma menutup kekurangan dari Giddey. Caruso bisa membuat tembakan jarak jauh dan pemberi umpan yang baik. Nilai utamanya adalah pada pertahanan. Caruso masuk dalam jajaran NBA All-Defensive Team 2023.

“Saat kami menjelaskan kepada Josh, sulit baginya untuk membayangkan peran tersebut. Percakapan kemudian beralih sata dia menanyakan peluang potensi di tempat lain. Seperti biasa, Josh menunjukkan profesionalnya sepanjang diskusi. Dia memiliki potensi All-Star. Tetapi aksesnya dengan Thunder saat ini tidak akan optimal,” ungkap Presti.

Thunder menjadi unggulan pertama Wilayah Barat dengan 57-25. Mereka lebih unggul dari Denver Nuggets yang memiliki rekor yang sama. Perjalanan Thunder berakhir semifinal setelah kalah 4-2 dari Minnesota Timberwolves. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar