Ergin Ataman Menunggu Tawaran Klub NBA

| Penulis : 

Di tengah kegalauan beberapa klub NBA yang sedang mencari kepala pelatih, ada nama Ergin Ataman yang muncul. Ataman memenangkan tiga dari empat gelar juara EuroLeague terakhir. Di musim pertamanya bersama Panathinaikos , ia membawa tim Athena kembali ke puncak benua biru. Ataman kini siap menerima lamaran klub NBA, yang pernah terjadi dua tahun silam.

Setelah Panathinaikos AKTOR Athens memenangkan gelar EuroLeague ketujuh mereka pada akhir Mei 2024, superstar Milwaukee Bucks Giannis Antetokounmpo menyebut pelatih Ergin Ataman sebagai pelatih terbaik di dunia. Ataman juga mengaku pernah dihubungi oleh klub NBA beberapa tahun lalu. 

"Sejujurnya, dua tahun lalu, saya melakukan percakapan dengan seorang manajer umum sebuah tim besar NBA. Saya tidak bisa menyebutkan namanya," ungkap Ataman. "Semua orang tahu bahwa saya ingin mencoba NBA di masa depan. Menjadi pelatih Eropa pertama."

Pengakuan Ataman ini memang cukup menarik untuk ditelaah. Sebab saat ini sudah ada Jordi Fernandez. Kepala pelatih Brooklyn Nets asal Spanyol. Sehingga kalimat bahwa Ataman akan menjadi pelatih Eropa pertama, sedikit meragukan. Namun Ataman punya alasan yang kuat di balik penyataan tersebut. 

"Saya sudah tahu bahwa Jordi Fernandez ada di sana, tapi dia pernah punya pengalaman melatih di sana (Amerika Serikat), dia belum pernah melatih di Eropa," tegasnya. "Yang saya maksud adalah orang Eropa pertama yang melakukan lompatan dari Eropa. Sepanjang karir saya, saya selalu menjadi yang pertama. Di Siena, di Galatasaray, di Besiktas, di Efes, di Panathinaikos. Bagi saya, sangat istimewa jika seseorang datang dan meminta saya menjadi pelatih di NBA."

Ditanya mengenai gaya melatihnya, pelatih asal Turki tersebut mengatakan dirinya sudah terbiasa bekerja sama dengan pemain-pemain NBA sebelumnya. 

"Tentu saja. Kenapa tidak? Pada akhirnya, ini bola basket," kata Ataman. "Saya pernah melatih pemain-pemain hebat NBA seperti Deron Williams dan Allen Iverson selama lockout (pada tahun 2011), dan sekarang Kendrick Nunn, Kostas Sloukas. Banyak pemain yang bermain terbaik di bawah saya, seperti Shane Larkin, Vasilije Micic. Mereka adalah pemain NBA. Jika saya juara EuroLeague, mengapa saya takut melatih bintang-bintang NBA? Saya tahu cara menangani pemain dan memahami kekuatan dan kelemahan mereka."

Pada akhirnya Ataman mengeluarkan pernyataan yang kuat mengenai NBA. Saat ini, bursa pelatih di NBA hanya berada di sekitar lingkaran mereka saja. Ergin Ataman menyebut bahwa tim-tim NBA tidak mencari pelatih berdasarkan prestasinya. Oleh sebab itu, tidak pernah ada pelatih dari luar negeri, sebelum Jordi Fernandez, yang bisa melatih di NBA.

"Jika ada yang ingin menawarkan saya kesempatan, itu harus menjadi pelatih kepala berdasarkan apa yang telah saya capai di Eropa. Saya belum mendapat tawaran serius untuk dipertimbangkan. Ini adalah dunia yang berbeda," kata Ataman. "Saya sangat senang di EuroLeague dan di Panathinaikos. Tiga atau empat tahun lalu, saya akan mengatakan itu (NBA) adalah impian saya. Sekarang, tidak. ... Jika Anda menginginkan pelatih bintang Eropa, saya di sini." (*)

Foto: BasketNews

Populer

Charles Barkley Tak Setuju Jika Pemain NBA Dikirim ke Olimpiade
Derek Fisher: NBA Modern Sama dengan WWE
Ekspansi NBA Ditunda Sampai Boston Celtics Terjual
Puma Speedcat, Sepatu Balap Retro yang Kembali Tenar
ESPN Incar Shams Charania atau Chris Haynes untuk Ganti Adrian Wojnarowski
Orlando Magic Jadi Salah Satu Tim dengan Kondisi Finansial Terbaik Musim Depan
Kisah JoJo dan RiRi yang Kandas Karena Bukan Pemain All-Star
Nike Lakukan Tes Pasar untuk Jordan Poole dengan Nike GT Cut 3 PE
Adrian Wojnarowski Pensiun Jadi Jurnalis
Rumor Baru, Clippers Masukkan Penawaran untuk Zach LaVine