Jerry West akan selalu dikenang sebagai Logo NBA, "Mr. Clutch", dan legenda Los Angeles Lakers. Namun West, salah satu pemain dan pemikir terhebat dalam sejarah bola basket, yang meninggal Rabu pada usia 86 tahun. Atas semua pencapaian Jerry West selama ini, perannya dalam membantu mengubah Golden State Warriors menjadi tim juara memiliki tempat khusus di hatinya.

Meskipun perannya bersama Warriors tidak pernah dijelaskan sepenuhnya, ia adalah penasihat tim milik Joe Lacob dan Peter Gruber dari 2011 hingga 2017, pengaruhnya terhadap tim tidak dapat disangkal. Pengaruh West mengubah Warriors dari bahan tertawaan menjadi bintang utama liga. Daya saingnya yang tak tergoyahkan, yang mustahil untuk dilewatkan sebagai pemain, menjalar ke setiap bagian organisasi sebagai seorang eksekutif.

"Saya sangat beruntung dalam hidup saya untuk menjadi bagian dari beberapa hal yang sangat menyenangkan, dan beberapa hal yang sangat mengecewakan," kata West kepada Mercury News, saat pertandingan playoff 16-1 untuk meraih gelar tersebut. 

"Tetapi mereka telah menunjukkan dominasi yang saya tidak ingat pernah melihatnya. Saya tidak akan pernah melihatnya lagi seumur hidup saya, saya rasa. Ini sungguh istimewa, banyak sekali penggemar yang dimiliki Warriors dan para penggemar di Bay Area, astaga, Anda melihat sesuatu yang istimewa. Dan, Anda mungkin tidak akan pernah melihatnya lagi."

Foto: EPA/Newscom

Dua gerakan terbaik menyoroti kecemerlangan bola basket dan ketegasan selama masa jabatannya bersama Warriors. Yang pertama adalah desakannya, dan hanya sedikit yang bisa memaksakan masalah seperti West, bahwa Warriors membatalkan pertukaran Klay Thompson dengan pemain Minnesota Timberwolves saat itu, Kevin Love, pada bulan Juni 2014.

Pada saat itu, Love adalah pemain All-Star tiga kali dalam satu musim di mana ia mencetak rata-rata 26 poin dan 12 rebound dalam satu pertandingan. Konsensusnya adalah bahwa menambahkan dia, dengan mengorbankan Thompson, akan membawa Dubs, yang mengetuk pintu persaingan di Wilayah Barat, menjadi yang teratas.

Pelatih baru Warriors Steve Kerr tidak setuju dengan keputusan tersebut. Tapi dia kalah jumlah dalam kepercayaan di dalam manajemen, sampai akhirnya West masuk dan menunjukkan kekuatannya. West mengancam akan mundur jika Warriors memperdagangkan Thompson. Dia melihat masa depan liga dan tahu Golden State akan sangat menyesal menukar penembak terbaik dan mitra yang sempurna untuk Steph Curry.

Warriors memenangkan gelar pertama tim dalam 40 tahun pada bulan Juni berikutnya. Dan, mungkin itu akan menjadi satu-satunya gelar Warriors jika West tidak membantu meyakinkan Kevin Durant untuk bergabung dengan tim setelah kekalahan Golden State di Final NBA 2016.

Perekrutan Kevin Durant dilakukan oleh Dubs, namun West menyampaikan cerita yang menyentuh kepada penyerang bintang tersebut. West kalah di Final NBA tujuh kali sebelum akhirnya menang pada tahun 1972, yang menempatkan Warriors di puncak.

Pesan tersebut selaras dengan Durant, yang kedatangannya di Oakland mendorong tim ke tingkat yang lebih tinggi, memenangkan gelar berturut-turut pada tahun 2017 dan 2018.

Pada saat dinasti Warriors berakhir, West telah keluar dari panggung dan mengambil peran serupa dengan LA Clippers pada tahun 2017. (*)

Foto: bleacherreport.net

Komentar