Timnas Amerika Serikat mengumumkan roster Olimpiade Paris 2024. Tidak ada nama Caitlin Clark. Cukup mengejutkan mengingat Clark adalah pemain yang paling disorot tahun ini. Meski demikian, pilihan pertama WNBA Draft 2024 tidak kecewa.

Clark paham bahwa persaingan untuk menembus skuad AS memang sangat sulit. AS sendiri memiliki talenta yang sangat banyak dengan kualitas yang hebat pula. Pemain Indiana Fever itu menyatakan akan tetap memberi dukungan di Olimpiade.

“Saya senang dengan para pemain yang terpilih. Saya tahu tim ini adalah tim yang paling kompetitif di dunia. Mungkin saya bisa terpilih, mungkin tidak. Saya mendukung mereka untuk memenangkan medali emas. Saya tumbuh dengan menyaksikan Olimpiade. Sangat menyenangkan menonton Olimpiade,” kata Clark dilansir melalui lama Fadeways World.

Nama-nama beken masih mengisi roster AS. Seperti Diana Taurasi, Brittney Griner, Breanna Stewart, A’ja Wilson, Kelsey Plum, hingga Sabrina Ionescu. Ruki angkatan Clark yaitu Cameron Brink (Los Angeles Sparks) terpilih dalam tim 3x3.

Salah satu alasan tidak masuknya Clark dalam roster AS karena ia belum memiliki cukup pengalaman. Clark terakhir kali bermain untuk AS pada FIBA U-19 Women’s World Cup 2021.Dalam ajang tersebut, Clark membawa AS meraih emas dan terpilih sebagai MVP.

“Sejujurnya saya tidak kecewa. Justru hal tersebut membuat saya memiliki sesuatu untuk dikejar. Sebuah mimpi bermain di Olimpiade. Semoga suatu saat saya bisa terpilih. Saya pikir ini menjadi suatu motivasi tersendiri. Mudah-mudahan empat tahun lagi saya bisa berada di Olimpiade,” kata pemain dari Iowa University itu.

AS memang merajai Olimpiade. Mereka menjadi juara sejak edisi 1996. Kategori putri dipertandingkan sejak tahun 1976 di Montreal, Kanada. AS menjadi juara pertama kali pada Olimpiade 1984 Los Angeles. Dalam 12 edisi, AS juara sembilan kali. Potensi Clark bisa terjadi di Olimpiade 2028. Kebetulan berada di Los Angeles lagi, tempat pertama kali AS juara Olimpiade. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar