Tidak ada pemain NBA yang pernah kembali bermain sempurna, setelah mengalami operasi lebih dari sekali. Fakta inilah yang coba dihapus oleh Lonzo Ball. Dia mengincar comeback bersejarah pada bulan Oktober nanti, saat dirinya kembali bermain untuk Chicago Bulls setelah menjalani dua operasi lutut. 

Kisah cedera Lonzo Ball dimulai pada tahun 2018 , selama tahun rukie bersama Los Angeles Lakers . Setelah berkali-kali menangis dan upaya penyembuhan yang gagal melalui metode konvensional, Ball memilih untuk melakukan operasi inovatif ini pada bulan Maret tahun lalu.

Lonzo Ball yang belum pernah tampil di lapangan sejak Januari 2022, mengungkapkan di episode terbaru podcastnya bahwa dia menjalani transplantasi meniskus selain transplantasi tulang rawan tahun lalu. 

"Singkatnya, itu dimulai dengan robekan meniskus. Pada dasarnya ini dimulai pada Lakers ketika saya merobeknya pertama kali. Saya merobeknya beberapa kali lagi sampai pada titik di mana saya robek, dimana tidak ada lagi. Dengan kata lain tidak banyak meniskus yang tersisa, dan tulang-tulangnya bergesekan. Jadi tulang rawannya hilang dan tulangnya rusak. Saya harus mendapatkan meniskus baru dari donor yang saya punya untuk mendapatkan allograft tulang dan saya juga harus memasang tulang rawan baru," ungkapnya. 

Tidak ada atlet profesional yang pernah kembali bermain setelah prosedur ekstensif seperti itu. Jika Ball bermain untuk Bulls pada malam pembukaan di bulan Oktober, itu akan menjadi momen bersejarah dalam olahraga. 

"Sekarang saya bisa kembali ke lapangan," kata Ball, mengenang perjalanan rehabilitasi selama 15 bulan yang melelahkan. "Sebelumnya, saya mencoba mencari tahu apa masalahnya, jadi itu adalah tahun yang sia-sia. Tapi sekarang saya di sini." 

Wakil Presiden eksekutif Bulls Arturas Karnisovas mengkonfirmasi kemajuan kondisi Lonzo Ball bulan lalu, dengan mengatakan, "Dia membaik, dan kita akan lihat di mana dia berada dalam beberapa bulan ke depan."

Akankah Lonzo membuat sejarah pada bulan Oktober ini? Hanya waktu yang akan menjawabnya. Tapi satu hal yang bisa kita pelajari dari Lonzo Ball, adalah tidak akan menyerah tanpa perlawanan. (*)

Foto: nba.com

Komentar