Lithuania melangkah ke babak kedua Piala Dunia FIBA 2023. Mereka mengemas kemenangan kedua dengan menaklukkan Meksiko 96-66 pada Sabtu (27/8) di Mall of Asia Arena, Manila.

Lithuania memimpin dengan nyaman sepanjang gim. Mereka terus memperlebar jarak tiap kuarter. Puncaknya saat meraih margin tertinggi 32 poin (96-64) di penghujung pertandingan.

Hampir semua pemain Lithuania menyumbang angka. Sebanyak lima pemain mencetak dua digit poin. Secara keseluruhan Lithuania mengemas 38/66 tembakan dengan akurasi 57,6 persen.

“Kami mengontrol pertandingan dan bisa lebih baik dari gim sebelumnya. Saya harap bisa melanjutkan energi ini ke babak berikutnya,” ujar pelatih Lithuania Kazys Maksvytis dalam jumpa pers.

Jonas Valanciunas dobel-dobel dengan 15 poin dan 12 rebound. Rokas Jokubaitis juga memberikan 15 poin. Mindaugas Kuzminskas 14 poin dan 8 rebound. Ignas Brazdeikis dan Donatas Motiejunas masing-masing 10 poin.

“Kemenangan yang bagus dengan selisih 30 poin. Tetapi kami akan fokus pada gim berikutnya melawan Montenegro yang tentunya akan berbeda. Saya senang dengan performa tim ini dan kami menjadi lebih baik setiap harinya,” kata Valanciunas.

Sedangkan Gabriel Giron memberikan 13 poin untuk Meksiko. Pako Cruz, Israel Gutierrez, dan Orlando Mendez mencetak skor kembar 10 poin.

Lithuania akan menjalani gim memperebutkan juara grup D dengan melawan Montenegro lusa. Lalu Meksiko berhadapan dengan Mesir. (rag)

Komentar