Bumi Borneo terpaksa membuka seri kedua IBL 2023 di GOR Bimasakti, Malang, dengan kekalahan atas West Bandits Solo. Mereka tampak kelelahan setelah bermain hingga babak overtime dengan hanya delapan pemain dalam roster. Kini pemain yang sakit sudah bisa tampil, sehingga Bumi Borneo bisa menang atas Evos Thunder Bogor dengan skor 68-58, pada hari Senin, 30 Januari 2023. 

Randy Bell mencetak 15 poin untuk Bumi Borneo. Dia juga menambahkan 6 rebound, 3 asis, dan 3 steal. Selanjutnya dari bangku cadangan Cameron Ridley mencetak dobel-dobel yaitu 10 poin dan 12 rebound. Disusul Calvin Chrisller yang mampu menyumbang 13 poin di pertandingan ini.

Dari kubu Evos, Cassiopeia Thomas Manuputty mengemas 11 poin. Adrian Danny Christianto mencetak 11 poin. Serta M. Yasier Rahmat mampu menambahkan 10 poin. Evos kini sudah empat kali kalah dalam lima pertandingan yang dijalani. 

Jalannya pertandingan terlihat timpang sejak awal. Evos hanya bisa memasukkan 24 poin di paruh pertama. Sebaliknya, Bumi Borneo sempat mencetak keunggulan 22 poin, yang terjadi di pertengahan kuarter kedua. Menurut asisten pelatih Evos, Ricky Dwi Tauri, pemainnya terlalu memperhatikan lawan. Mereka fokus pada pergerakan Randy Bell atau Cameron Ridley, sehingga tidak memperhatikan instruksi pelatih. 

"Evos tidak bermain dengan ciri khasnya. Kami terlalu fokus pada lawan. Sehingga strategi yang sudah dibuat sebelumnya tidak bisa dijalankan oleh pemain," keluhnya, dalam wawancara saat turun minum.

Kepala pelatih Evos, Andre Yuwadi juga membuat keputusan yang berani, dengan mengistirahatkan semua pemain asingnya selama kuarter kedua. Pemain asing dianggap tidak memberikan kontribusi yang bagus. Sehingga Andre merasa lebih baik memainkan pemain lokal saja. 

Memasuki kuarter ketiga, Evos lebih percaya diri dalam melakukan tembakan. Mereka yang tadinya 0 dari 11 percobaan tripoin di babak pertama, mampu memasukkan 6 tripoin dari 10 percobaan di kuarter ketiga. Evos membuat jarak hingga 10 poin. Namun momentum tersebut lepas, sehingga mereka harus menelan kekalahan keempat di awal musim ini. (*)

Foto: Ariya Kurniawan

Populer

Charles Barkley Tak Setuju Jika Pemain NBA Dikirim ke Olimpiade
Orlando Magic Jadi Salah Satu Tim dengan Kondisi Finansial Terbaik Musim Depan
Sasha Vezenko Kembali ke Olympiacos Karena Tak Nyaman di NBA
Puma Speedcat, Sepatu Balap Retro yang Kembali Tenar
Nike Lakukan Tes Pasar untuk Jordan Poole dengan Nike GT Cut 3 PE
Derek Fisher: NBA Modern Sama dengan WWE
Sisi Romantis LeBron James Keluar Saat Ulang Tahun Istrinya
Ekspansi NBA Ditunda Sampai Boston Celtics Terjual
ESPN Incar Shams Charania atau Chris Haynes untuk Ganti Adrian Wojnarowski
Tato Baru Jayson Tatum, Gambar Dirinya Mencium Larry O'Brien