Luka Doncic kembali menyentuh 50 poin, Sabtu (31/12), waktu setempat. Kali ini dalam kemenangan tipis 126-125 atas San Antonio Spurs, Luka mencetak 51 poin (30 paruh pertama), 6 rebound, 9 asis, dan 4 steal. 

Ini adalah 50+ poin ketiga Luka dalan kurun satu pekan terakhir. Secara keseluruhan kariernya, Luka sudah mencetak empat kali 50+ poin. Pertama kali Luka menyentuh 50 poin dalam satu gim terjadi di musim lalu. 

Jika mundur ke 40+ poin di satu gim, maka total sudah ada 23 gim di mana Luka menyentuh catatan itu. Ini jadi yang tertinggi dalam sejarah Mavericks. Dalam perjalanannya, Mavericks memiliki rekor menang-kalah (18-5) saat Luka mencetak 40+ poin. 

Tak sekadar produktif, Luka hari ini juga sangat efektif dalam menyerang. Ia memasukkan 18/29 tembakan (62 persen), termasuk 6/10 tripoin. Luka juga jadi penentu kemenangan Mavericks melalui dua rebound krusialnya di lima detik terakhir gim. 

Hasil ini juga membuat Mavericks tetap jadi tim terpanas di Wilayah Barat dengan enam kemenangan beruntun. Mavericks pun merangsek ke empat besar klasemen sementara Wilayah Barat dengan rekor (21-16). 

Luka mendapatkan bantuan dari Christian Wood yang solid dengan 25 poin dan 7 rebound. Wood naik menjadi starter di gim hari ini. Tim Hardaway Jr. menambahkan 14 poin sedangkan Spencer Dinwiddie 11 poin. 

Berbeda dengan Mavericks, poin Spurs lebih merata. Keldon Johnson memimpin tim dengan 30 poin dan 4 rebound. Jeremy Sochan 20 poin dan 6 rebound. Sochan mendapatkan tugas khusus untuk menjaga Luka di gim ini. 

Jakob Poelt dobel-dobel 19 poin, 15 rebound, dan 6 asis. Tre Jones menambahkan 18 poin, 5 rebound, dan 6 asis. Sayangnya, Tre meleset tiga kali dari empat tembakan gratis terakhirnya. Zach Collins memimpin bangku cadangan dengan 13 poin dan 5 rebound.

Setelah meraih empat kemenangan di empat gim awal mereka musim ini, Spurs terus kesulitan mencari kemenangan. Kini mereka terdampar di peringkat dua terbawah klasemen sementara Wilayah Barat dengan rekor menang-kalah (12-24). 

Kedua tim akan memulai perjalanan di tahun 2023 lusa. Mavericks melanjutkan tur tandang ke Houston Rockets sementara Spurs baru akan memulai perjalanan tandang mereka ke Brooklyn Nets. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar