Setelah melalui rapat evaluasi pengadil lapangan, kepala pelatih Mike Brown akhirnya dikenai sanksi denda sebesar 25 ribu dolar Amerika Serikat atau sekitar 390 juta rupiah. Ini buntut dari peristiwa yang terjadi pada pertandingan Toronto Raptors melawan Sacramento Kings di Air Canada Centre, pada hari Kamis, 15 Desember 2022, waktu Indonesia. Mike Brown terbukti memaki wasit, dan melakukan perbuatan yang membahayakan wasit. 

Kings memenangkan pertandingan tersebut dengan skor tipis 124-123. Namun di sisa waktu sembilan menit, pelatih Brown mendapatkan dua kali pelanggaran teknis (technical-foul) yang membuatnya diusir dari bangku pelatih. Sementara itu, dikutip dari AFP, setelah dilakukan rapat evaluasi, maka NBA menurunkan sanksi denda pada mantan asisten pelatih Golden State Warriors tersebut. 

Menurut pernyataan liga, pelatih Brown secara agresif mengejar dan memaki salah satu wasit yang memimpin pertandingan karena tidak terima dengan keputusannya. Pelatih Brown mendapatkan dua technical-foul dalam waktu yang bersamaan. Dia bahkan sempat mengejar wasit tersebut, namun ditahan oleh asisten pelatih dan pemain Kings. 

Foto: Sactown Sports

Pelatih Brown sebenarnya punya catatan bagus untuk seorang pelatih. Dia pernah menjadi Coach of the Year di tahun 2009, saat memimpin Cleveland Cavaliers. Dia juga pernah memenangkan empat gelar juara NBA sebagai asisten pelatih. Satu gelar saat berada di tim San Antonio Spurs, lalu tiga gelar bersama Golden State Warriors. 

Brown mengambil alih jabatan kepala pelatih Kings untuk musim 2022-2023. Dia bergabung dengan pada bulan Juni 2022 setelah membantu Warriors merebut mahkota juara NBA tahun 2022. Ini adalah jabatan kepala pelatih pertamanya setelah musim 2013-2014 bersama Cavaliers. Kings yang berada di bawah asuhannya berhasil menempati urutan keenam di klasemen sementara Wilayah Barat dengan rekor pertandingan 15-12. (*)

Foto: Sacramento Be

Komentar