Satu dari dua Air Jordan 1 Chicago modifikasi yang pernah di produksi

Mendekati akhir tahun 2017, banyak kejutan terjadi dalam jual beli sneakers. Terdapat Air Jordan 1 Chicago yang laku terjual seharga Maserati Levante. Sebuah harga yang fantastis bahkan untuk sekelas Air Jordan 1 Chicago yang memang sudah berharga tinggi di pasar sneakers. Tentunya, sepatu ini berbeda dengan Air Jordan 1 pada umumnya. Disamping kelangkaannya karena diproduksi hanya dua pasang.

Bila menelisik pada sejarah, Michael Jordan pernah mengalami musim buruk akibat dilanda cidera ankle yang parah. Tepatnya pada musim 1985-1986 dimana Jordan hanya bermain 18 game saja. Menanggapi cidera tersebut, Nike memutuskan untuk membuatkan Air Jordan 1 untuk mendukung proses penyembuhan anklenya dengan memberikan beberapa modifikasi terutama pada bagian tumit dan ankle. Sayangnya, sepatu ini hanya dipakai satu kali pada 21 Maret 1986.

Berikut adalah penjelasan resmi rumah lelang Heritage terkait perbedaan dari Air Jordan 1 Chicago modifikasi ini dilansir dari media We Are Testers:

Bahan luaran sepatu ini terbuat dari nilon tebal serta terdapat penambahan gesper alumunium modifikasi untuk menambah perlindungan ankle kiri Jordan yang cedera. Gesper alumunium itu juga ditemukan pada sepatu kanan namun dengan berat yang berbeda. Hal ini bertujuan untuk keseimbangan. Modifikasi tersebut dipasang pada bagian tumit belakang. Modifikasi tambahan diberikan lewat tali kulit dan strap velcro yang dapat mengunci ketat setiap pergelangan kaki Jordan.

Setelah digunakan sekali, Jordan memutuskan untuk kembali memakai Air Jordan 1 Chicago biasa dan mencetak rekor 63 poin di laga playoff NBA melawan Boston Celtics pada 20 April 1986. Capaian tersebut jadi rekor yang belum terpecahkan hingga sekarang. Serta memecahkan rekor yang dicetak Elgin Baylor di laga playoff tahun 1961 dimana ia mencetak 61 poin. Sejarah tentu akan berbeda bila Jordan tetap memakai Air Jordan 1 Chicago modifikasi di laga yang disebut Chicago Bulls sebagai salah satu laga terbaik Michael Jordan itu.

Sumber Foto: Heritage Auction, Solecollector, Sneakernews

Populer

Orlando Magic Jadi Salah Satu Tim dengan Kondisi Finansial Terbaik Musim Depan
Charles Barkley Tak Setuju Jika Pemain NBA Dikirim ke Olimpiade
Sasha Vezenko Kembali ke Olympiacos Karena Tak Nyaman di NBA
Puma Speedcat, Sepatu Balap Retro yang Kembali Tenar
Nike Lakukan Tes Pasar untuk Jordan Poole dengan Nike GT Cut 3 PE
Derek Fisher: NBA Modern Sama dengan WWE
Sisi Romantis LeBron James Keluar Saat Ulang Tahun Istrinya
ESPN Incar Shams Charania atau Chris Haynes untuk Ganti Adrian Wojnarowski
Ekspansi NBA Ditunda Sampai Boston Celtics Terjual
Tato Baru Jayson Tatum, Gambar Dirinya Mencium Larry O'Brien