Rapper Jay-Z mencatat sejarah lagi. Dia menjadi artis rap solo hidup pertama yang dilantik sebagai Rock and Roll Hall of Fame. Pada acara penobatan yang dilakukan di Cleveland, Ohio, Amerika Serikat, Jay-Z dilantik oleh mantan presiden Barack Obama dan komedian Dave Chapelle. 

Jay-Z telah menambahkan gelar lain dalam perstasinya. Dia dikenal sebagai rapper, penulis lagu, pemenang Grammy, miliarder di dunia dan ikon global. Kini ditambah lagi sebagai Rock and Roll Hall of Famer.

"Merupakan kehormatan luar biasa untuk melantik pria berikut ini ke dalam Rock and Roll Hall of Fame. Tapi saya ingin semua orang di rock and roll tahu, bahwa meskipun Anda memberinya penghormatan, dia milik kita semua. Dia legenda hip-hop. Selamanya," kata Chappelle. 

Sementara itu mantan Presiden Obama tidak hadir secara langsung. Dia memberikan sambutan melalui rekaman video. Obama memuji Jay-Z karena musik yang dibuat telah berpengaruh dalam beberapa momen penting dalam karir politiknya. 

"Saya bersandar pada kata-kata Jay-Z di berbagai titik dalam hidup saya. Hari ini, Jay-Z adalah salah satu seniman paling fenomenal dalam sejarah musik. Perwujudan dari mimpi Amerika Serikat. Dia sendiri mampu membantu anak muda lain mewujudkan mimpinya," ujar Obama. 

Jay-Z yang mengenakan tuxedo hitam, mengucapkan terima kasih banyak dalam pidatonya, termasuk ibunya Gloria Carter, saudari Annie, mitra bisnis Tyran "Ty Ty" Smith dan Damon Dash, serta mendiang Notorious BIG. Sementara itu, dia juga merenungkan karir dan warisannya yang sangat berpengaruh sebagai artis rap dan pengusaha.

"Terima kasih, Rock and Roll Hall of Fame, atas kehormatan yang luar biasa ini. Dan Anda tahu, saat tumbuh dewasa, kami tidak berpikir kami dapat dilantik ke dalam Rock & Roll Hall of Fame. Kami diberitahu bahwa hip-hop adalah iseng. Sama seperti punk rock. Kami mencoba menciptakan pahlawan menurut impian kami sendiri," kata Jay-Z, membuka pidatonya, dikutip dari Rolling Stone.

"Ketika memikirkan apa yang akan saya katakan malam ini, para pahlawan ini terus muncul di benak saya, Rakim dan Big Daddy Kane dan KRS-One dan Chuck D, dan, tentu saja LL Cool J. Saya menonton ini teman-teman. Saya ingin menjadi seperti itu. teman-teman. Jadi saya memulai perjalanan saya," imbuhnya. 

Jay-Z pernah menjadi pengedar narkoba di jalanan kota Brooklyn, New York. Kepopuleran Jay-Z naik melalui dunia rap dengan lagu-lagu keras dan lugas yang sering menggambarkan perjuangan orang kulit hitam di Amerika Serikat. Lagu-lagu seperti "Hard Knock Life", "99 Problems" dan "Empire State of Mind" sempat meledak di pasaran. 

Pelantikan sang maestro Roc Nation juga diawali dengan daftar selebritas yang memberi penghormatan kepadanya. Dipimpin oleh istrinya Beyonce dan putri mereka Blue Ivy Carter. Masing-masing bergiliran untuk membacakan lirik lagu Jay-Z yang jadi favorit mereka.

Video penghormatan tersebut menampilkan DJ Khaled, Sean Combs, Regina King, Lenny Kravitz, Dr. Dre, John Legend, Rashida Jones, Lena Waithe, Kevin Hart, Halle Berry, Questlove, Naomi Campbell, Aziz Ansari, Jamie Foxx, Trevor Noah, Kerry Washington, Chris Martin, Usher, Ed Sheeran, Rick Ross, Rihanna, Pharrell Williams, Lupita Nyong'o, Samuel L. Jackson, Queen Latifah, Jurnee Smollett, Chris Rock, Lin-Manuel Miranda,  HER, Alicia Keys, SZA, David Letterman dan tak ketinggalan bintang NBA dari tim Los Angeles Lakers, LeBron James.

"Mudah-mudahan, saya memberi tahu generasi berikutnya bahwa semuanya mungkin terjadi. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Tapi yang saya tahu saya harus pergi ke arena pertandingan saya sendiri. Ada baik dan buruknya, hidup adalah tentang keseimbangan. Maaf untuk pidato panjang lebar ini, tapi saya harus mengatakan ini, Kita berhasil, Brooklyn!" pungkas ayah tiga anak itu.

Rock and Roll Hall of Fame pertama kali mengumumkan tokoh-tokoh yang akan dilantik tahun ini pada bulan Mei 2021. Tetapi karena pandemi, upacara penobatan diundur. Selain JAY-Z dan LL Cool J, ada beberapa penyanyi dan band yang masuk Rock and Roll Hall of  Fame 2021, yaitu Tina Turner, Carole King,  Foo Fighters, The Go-Go's dan Todd Rundgren. 

Upacara penobatan Rock and Roll Hall of Fame 2021 akan ditayangkan secara utuh pada tanggal 20 November mendatang, di beberapa stasiun televisi Amerika Serikat. (tor)

Foto: Cleveland.com

Populer

Charles Barkley Tak Setuju Jika Pemain NBA Dikirim ke Olimpiade
Orlando Magic Jadi Salah Satu Tim dengan Kondisi Finansial Terbaik Musim Depan
Puma Speedcat, Sepatu Balap Retro yang Kembali Tenar
Derek Fisher: NBA Modern Sama dengan WWE
Nike Lakukan Tes Pasar untuk Jordan Poole dengan Nike GT Cut 3 PE
Sasha Vezenko Kembali ke Olympiacos Karena Tak Nyaman di NBA
Ekspansi NBA Ditunda Sampai Boston Celtics Terjual
ESPN Incar Shams Charania atau Chris Haynes untuk Ganti Adrian Wojnarowski
Kisah JoJo dan RiRi yang Kandas Karena Bukan Pemain All-Star
Adrian Wojnarowski Pensiun Jadi Jurnalis