Houston Rockets sungguh hancur-lebur musim ini. Segala kekacauan yang dimulai seiring mundurnya Daryl Morey pada awal musim lalu. Kepergian Morey membuat Rockets seolah kehilangan nakhoda mereka. Hasilnya, Rockets hilang arah sebelum akhirnya mencanangkan pembangunan ulang skuat (rebuild) tepat sebelum batas akhir pertukaran pemain.

Di musim ini, Rockets melepas nama-nama seperti James Harden, Russell Westbrook, DeMarcus Cousins, hingga Victor Oladipo hanya untuk mendapatkan Kelly Olynyk, Avery Bradley, dan John Wall. Nama yang terakhir disebut bahkan datang dengan kabar buruk. Melalui rilis resmi tim, Wall dipastikan tidak akan bermain lagi di sisa musim 2020-2021.

Wall absen penuh di sisa musim karena masalah pada hamstring. Kepastian ini didapatkan Rockets usai menjalani Magnetic Resonance Imaging (MRI). Wall sendiri musim ini baru tampil 40 kali. Sebelum bermasalah dengan hamstring, Wall juga absen lama karena masalah lutut musim ini. Laporan dari Yahoo Sports di Maret lalu bahkan menyebutkan masalah lutut tersebut seharusnya mendapatkan operasi untuk menjadi lebih baik.

Secara keseluruhan, Wall baru bermain 72 kali sejak musim 2018-2019. Rinciannya, Wall bermain 32 kali di musim 2018-2019 dan absen penuh musim lalu karena cedera tumit dan Achilles. Musim ini, rataan Wall di angka 20,6 poin, 3,2 rebound, 6,9 asis, dan 1,1 steal per gim. Meski catatan ini terbilang cukup bagus, Wall masih bermasalah di akurasi serta efektivitas tembakannya.

Tanpa Wall, program rebuild Rockets bisa dimulai lebih cepat. Kevin Porter Jr. diyakini akan mengisi posisi Wall di sisa musim ini. Dibantu oleh sosok veteran dalam diri Avery Bradley, KPJ (akronim Kevin) berpotensi menjadi salah satu poros utama proses rebuild Rockets di masa mendatang.

Di tubuh Rockets, kini hanya ada tiga pemain yang memiliki pengalaman di NBA lebih 10+ tahun. Mereka adalah Avery Bradley (10), D.J. Augustin (12), dan Eric Gordon (12). Wall sendiri memasuki musim kesembilannya. Kelly Olynyk menyusul empat nama tersebut sebagai pemain paling berpengalaman dengan total tujuh musim di NBA.

Menarik melihat bagaimana Rockets yang dikomandoi Rafael Stone sebagai mnajer umum dan Stephen Silas di kepala pelatih mengatur laju Rockets di sisa musim ini hingga menghadapi musim depan. Yang jelas, kini Rockets tak lagi mengejar kemenangan. Fokus mereka adalah menggali pengalaman sebanyak mungkin untuk barisan pemain muda. (DRMK)

Foto: NBA

 

Populer

Charles Barkley Tak Setuju Jika Pemain NBA Dikirim ke Olimpiade
Orlando Magic Jadi Salah Satu Tim dengan Kondisi Finansial Terbaik Musim Depan
Puma Speedcat, Sepatu Balap Retro yang Kembali Tenar
Derek Fisher: NBA Modern Sama dengan WWE
Nike Lakukan Tes Pasar untuk Jordan Poole dengan Nike GT Cut 3 PE
Ekspansi NBA Ditunda Sampai Boston Celtics Terjual
Sasha Vezenko Kembali ke Olympiacos Karena Tak Nyaman di NBA
ESPN Incar Shams Charania atau Chris Haynes untuk Ganti Adrian Wojnarowski
Kisah JoJo dan RiRi yang Kandas Karena Bukan Pemain All-Star
Adrian Wojnarowski Pensiun Jadi Jurnalis