IBL

Malam pembuka NBA 2017-2018 diwarnai pertarungan sengit antara juara NBA 2017, Golden State Warriors menghadapi Houston Rockets di Oracle Arena. Musim ini lebih istimewa, sebab publik akan menyaksikan kedahsyatan duet James Harden dan Chris Paul. Namun Warriors juga tak mau pesta perayaan cincin juara Selasa malam nanti berantakan.

img_1986

Houston Rockets musim lalu gugur di babak empat besar Wilayah Timur. Mereka kalah 4-6 atas San Antonio Spurs. Tapi di laga pra musim pekan lalu, Rockets tampil luar biasa. Mereka mengumpulkan tiga kemenangan dan sekali kalah. Rocket menang atas Oklahoma City Thunder (104-97), New York Knicks (117-95), dan Memphis Grizzlies (101-89). Sedangkan kekalahan Rockets didapat saat melawan San Antonio Spurs (97-106).

Rockets mengambil Chris Paul di jeda kompetisi. Mereka bermaksud untuk menghadirkan duet yang sempurna bagi James Harden. Banyak pengamat basket mengatakan bahwa keputusan Rockets mendatangkan CP3 kurang tepat dan tidak akan banyak membantu tim. Sebab pemain bintang biasanya punya ego tinggi.

Tapi tidak semuanya berpikir keputusan ini buruk. Bahkan ada juga yang berkomentar bahwa akan sulit menghadapi Rockets. Pasalnya, dulu pertahanan lawan akan terfokus pada James Harden saja. Tapi kini mereka harus membagi perhatian juga dengan adanya CP3. Artinya bila pertahanan lawan akan direpotkan dengan duet guard ini. Dengan kata lain, big man Rockets juga diuntungkan dengan situasi tersebut. Mereka akan luput dari perhatian lawan dan bisa mencetak poin lebih leluasa.

CP3 melewatkan beberapa laga pra-musim karena cedera lutut. Tapi diharapkan, ia akan turun pada pertandingan perdana musim reguler. Tentunya ini merupakan bagian dari strategi Rockets untuk memberi waktu bagi CP3 memulihkan kondisinya. Rockets ingin memastikan bahwa dua senjata ampuh (Harden dan CP3) benar-benar siap.

Rocket diperkirakan akan turun dengan pemain inti yang terdiri dari James Harden di posisi shooting guard dan Chris Paul yang mengisi posisi point guard. Ryan Andeson akan bertugas sebagai power forward dan Trevon Ariza berperan sebagai small forward. Terakhir, Clint Capela kemungkinan besar diturunkan untuk mengisi posisi center.

20171010_vssac_preview_760

Sementara itu, kondisi Golden State Warriors cukup mengkhawatirkan jelang laga perdana. Beberapa pemain dikabarkan belum bisa turun karena cedera.

Bila melihat hasil pertandingan pra-musim, juara bertahan tampaknya belum mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Warriors mencetak rekor dua kali menang dan menelan dua kekalahan. Mereka menang atas Minnesota Timberwolves, 142-110, dan Sacramento Kings, 117-106. Sedangkan dua kekalahan didapat saat berhadapan dengan Denver Nuggets (102-108) dan Minnesota Timberwolves (95-111).

Kevin Durant dikabarkan bakal diturunkan pada laga perdana setelah sebelumnya sempat beristirahat karena terserang penyakit. Hari minggu lalu, Durant sudah mulai berlatih. Ini jadi pertanda baik untuk Warriors.

Tiga pemain yang dikabarkan tidak bisa diturunkan yaitu Omri Casspi, Andre Iguodala dan Shaun Livingston. Omri tampaknya akan diberi waktu istirahat lebih lama lantaran masih dalam tahap penyembuhan cedera pergelangan kaki. Cedera itu didapat saat bertanding melawan Sacramento Kings minggu lalu. Lalu Andre Iguodala masih berkutat dengan cedera punggung. Kondisinya akan dievaluasi jelang laga, tapi tidak menutup kemungkinan Iguodala akan duduk di bangku cadangan selama pertandingan. Sedangkan Livingston terserang penyakit ringan yang membuatnya tidak bisa berlatih jelang laga perdana.

Perkiraan pemain inti Warriors di pertandingan pertama yaitu Stephen Curry (point guard), Klay Thompson (shooting guard), Kevin Durant (small forward), Draymond Green (power forward) dan Zaza Pachulia (center).

foto: nba.com

Komentar