News

Tim Putri Jawa Timur dan Tim Putra Jawa Tengah Juara (Kejurnas Basket U18 2017)

juara kejurnas

Tim putri Jawa Timur (Jatim) dan tim putra Jawa Tengah (Jateng) menjadi yang terbaik di Kejurnas Basket KU18 2017. Di laga final, tim putri Jatim menang atas Jawa Barat (Jabar), 45-37. Sedangkan tim putra Jateng menundukkan tuan rumah Jatim dengan skor 76-54.

Tim putri Jatim tampil luar biasa di final. Mereka berhasil membalas kekalahan atas Jabar di babak penyisihan. Jatim tampil lebih percaya diri di final. Bahkan sudah memimpin di paruh pertama, 21-14.

“Pemain lebih fokus di final. Kami banyak belajar dari kekalahan lalu, jadi di finaal anak-anak bisa menguasai permainan dan mengalahkan Jabar,” kata kepala pelatih tim Jatim, Eddy Santoso.

Tim Jatim mendapatkan momentum kemenangan lebih awal. Di kuarter ketiga, dua tembakan tiga angka dari Elysia Kartika menjauhkan Jatim dari kejaran Jabar, 40-26. Sejak saat itu, usaha Jabar mengejar ketertinggalan sia-sia saja. Elysia menjadi pemain terbaik dengan 16 poin. Ia mencetak empat dari enam tembakan tiga angka Jatim di laga final. Sedangkan pemain lain yang tampil baik adalah Juliena Hartono (13 poin) dan Adelaide Calista Wongsohardjo (10 poin, 10 rebound).

Sementara itu, sukses tim putri tidak diikuti tim putra Jatim. Sebab mereka harus menyerah dari Jateng, 54-76. Penampilan Jatim bisa disebut sebagai anti-klimaks. Sebab mereka selalu menang dengan skor tinggi di babak penyisihan hingga semifinal. Tapi di final, Jatim dihabisi oleh Jateng.

Akurasi Jateng sangat baik di final. Mereka juga menambahkan delapan tembakan tiga angka. Sedangkan Jatim sama sekali tidak memasukkan tempakan tiga angka. Jateng juga menambahkan 14 poin dari fastbreak dan 28 poin dari turn over. Strategi Jateng dengan menyerang dari segala penjuru membuahkan hasil. Sedangkan Jatim yang mengandalkan big man untuk menyerang area lubang kunci gagal membuahkan hasil.

Pemain Jateng yang menyumbang poin banyak yaitu Ian Satrio Abhi Reiki (15 poin), Gregorius Kristian Linduaji (13 poin) dan Dadung O’Neal Pamungkas (13 poin).

“Akurasi kami lebih baik hari ini. Semua kesempatan bisa berbuah poin. Sementara lawan (Jatim) kurang beruntung. Mereka beberapa kali gagal memanfaatkan kesempatan. Kami bersyukur dengan kemenangan hari ini,” ujar kepala pelatih Jateng, Rudi Kurniawan.

Sebelum laga final, digelar pertandingan yang memperebutkan tempat ketiga. Akhirnya, tim putra Sulawesi Selatan mendapatkan tempat ketiga setelah menundukkan Sumatera Utara, 68-64. Permainan impresif Juan Harsab Maulana dari Sumut dengan 23 poin tak mampu menyelamatkan timnya dari kekalahan. Sulsel menang karena mengandalkan kerjasama tim yang baik. Di kategori putri, tim Jateng menang atas DKI Jakarta, 77-50. Kemenangan ini membuat Jateng merebut tempat ketiga.

Hasil Kejurnas Basket KU18 2017;
Putra
1. Jawa Tengah
2. Jawa Timur
3. Sulawesi Selatan

Putri
1. Jawa Timur
2. Jawa Barat
3. Jawa Tengah

Foto: Aditya Anggoro Widhi Nugroho