News

Tim Putri Jawa Barat Patahkan Dominasi Jawa Timur (Kejurnas Basket KU18 2017)

OR-kerjunas Basket KU18 Jatim vs Jabar cewek-diptawahyu20

Menang besar di dua pertandingan sebelumnya bukan jaminan bagi tim putri Jawa Timur (Jatim) untuk melenggang mulus ke semifinal. Di hari ketiga gelaran Kejurnas Basket KU 18 2017, tim putri Jatim kalah dari Jawa Barat (Jabar). Tim asuhan Bambang Yudhi Purwanto berhasil menghentikan laju Jatim lewat kemenangan 59-48.

Tim putri Jabar semakin terpacu untuk mengalahkan Jatim, saat bermain di kandang sendiri. Sebaliknya, pendukung tuan rumah dikejutkan oleh permainan buruk Jatim di awal laga. Jabar melesat 18-6 di kuarter pertama. Offense Jatim membaik di kuarter kedua. Dua tembakan tiga angka yang tepat sasaran, mendongkrak poin Jatim. Kuarter kedua berakhir untuk keunggulan Jabar, 25-22.

Di paruh kedua, Jabar sama sekali tak tergoyahkan. Hingga sisa tiga menit terakhir, Jabar masih unggul 51-41 atas Jatim. Di menit-menit akhir, Jatim semakin terpuruk karena motor serangannya, Adelaide Callista Wongsohardjo harus mendapat perawatan. Ia mengalami kram otot dan tak mampu melanjutkan pertandingan. Kedua tim mengumpulkan masing-masing 19 poin di paruh kedua ini. Saat buzzer berbunyi, Jabar tetap unggul atas Jatim.

“Kami sudah melihat permainan Jatim sebelumnya. Kami harus bisa menghentikan pemain kunci mereka di pertandingan ini,” kata kepala pelatih Jawa Barat, Bambang Yudhi Purwanto. “Kami memang sengaja membuat pertandingan menjadi lambat. Ini masukan beberapa pemain yang sudah sering bertemu dengan pemain Jatim. Hasilnya cukup baik karena kami bisa mengendalikan permainan.”

Tirsa Cecilia Londa menjadi pemain terbaik Jabar di laga ini. Ia mencetak double-double dengan 12 poin dan 11 rebound. Sedangkan poin terbanyak lainnya disumbangkan oleh Nurul Afini Aisyah (18 poin), Deniece Adriana Gunarto (11 poin), Clarita Antonio Senjaya (10 poin).

Hasil Pertandingan Kejurnas Basket U18 2017, Selasa (5/9/2017);

1. Putri – Jawa Tengah Vs. Jambi (75-49)
2. Putri – Sulawesi Utara Vs. Kalimantan Timur (18-38)
3. Putri – Sulawesi Selatan Vs. Bangka Belitung (51-46)
4. Putri – Jawa Timur Vs. Jawa Barat (48-59)
5. Putra – Jawa Tengah Vs. Sulawesi Utara (73-42)
6. Putra – Bangka Belitung Vs. Kalimantan Timur (81-59)
7. Putra – Riau Vs. Jawa Timur (39-76)
8. Putra – Kalimantan Selatan Vs. DKI Jakarta (55-63)

Foto: Dipta Wahyu (Jawa Pos)