News

Sulawesi Selatan Tumbangkan DKI Jakarta (Kejurnas Basket U18 2017)

SSL

Setelah absen 15 tahun penyelenggaraan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Basket, Sulawesi Selatan (Sulsel) membuat kejutan. Di pertandingan pertama grup B, Sulsel menumbangkan tim DKI Jakarta, Senin (4/8/2017). Laga sengit ini berakhir dengan skor 54-47 untuk keunggulan Sulsel. Kemenangan ini membuat Sulsel menempati posisi pertama di klasemen sementara grup B.

Sempat unggul 5-0 di awal kuarter, DKI Jakarta justru terkejar oleh Sulsel. Kuarter pertama berakhir dengan keunggulan DKI, 12-10. Lalu di kuarter kedua, DKI Jakarta tak mampu bangkit. Three point play dari Budi Hermawan Mansur dan tembakan tiga angka Muhammad Haufal Haydan membuat Sulsel bisa mengejar DKI Jakarta. Skor imbang 20-20 menutup kuarter kedua.

Semangat pemain Sulsel terpompa di kuarter ketiga. Ini lantaran akurasi tembakan pemain DKI Jakarta sedang tidak baik. Hal itu dimanfaatkan oleh Sulsel, mereka bisa menyarangkan tiga tembakan tiga angka. Buzzer beater dari Gentry Brief Senaen membawa Sulsel unggul 20-16 di kuarter ketiga. Skor kuarter ketiga berakhir dengan skor 40-36.

Di kuarter pamungkas, laga semakin memanas. Sulsel memang unggul, namun kadang mereka melakukan kesalahan penguasaan bola. Berulang kali DKI Jakarta bisa memanfaatkan turn over yang dibuat Sulsel menjadi poin. Beruntung Sulsel punya barisan big man yang kuat, meski beberapa diantara mereka terkena foul trouble karena menahan gempuran DKI Jakarta. Sulsel pun akhirnya menutup laga dengan keunggulan 54-47. Pemain Sulsel, Budi Hermawan Mansur mencetak double-double di laga ini dengan 12 poin dan 11 rebound.

“Tidak ada strategi khusus, tapi kebetulan DKI Jakarta sedang tidak baik akurasinya. Jadi kami bisa manfaatkan itu untuk curi poin. Ternyata anak-anak tadi tembakannya bagus sekali,” ujar kepala pelatih Sulsel, Jamin Matottoran. “Di grup ini DKI Jakarta memang lawan terberat, tapi setiap pertandingan seperti final bagi kami. Kami tidak ingin puas dengan kemenangan ini, anak-anak harus tetap waspada dengan Yogyakarta dan Kalimantan Selatan.”

Kemenangan ini memang jadi kejutan di ajang Kejurnas U18 2017. Pasalnya DKI Jakarta dinilai sebagai tim kuat dan punya kans besar tampil di semifinal. Sementara Sulsel memang tim yang baru dibentuk dua minggu jelang Kejurnas. Isinya pemain-pemain first team DBL Indonesia dari Sulawesi Selatan tahun 2016 dan 2017. Namun ternyata Sulsel bisa memberi kejutan dengan mengalahkan DKI Jakarta pada turnamen ini.

Hasil pertandingan Kejurnas U18 2017, Senin (5/9/2017);

1. Putri – Bangka Belitung Vs. Jawa Barat (36-67)
2. Putri – Yogyakarta Vs. Jawa Timur (17-100)
3. Putri – Jambi Vs. DKI Jakarta (37-61)
4. Putri – Kalimantan Timur Vs. Jawa Tengah (30-62)
5. Putra – DKI Jakarta Vs. Sulawesi Selatan (47-54)
6. Putra – Yogyakarta Vs. Kalimantan Selatan (47-69)
7. Putra – Kepulauan Riau Vs. Sumatera Utara (62-77)
8. Putra – Kalimantan Timur Vs. Jawa Tengah (33-73)

Foto: Wahyu Hestiningdiah