News

Sulawesi Selatan ke Semifinal lewat Double-Overtime (Kejurnas Basket KU18 2017)

SSSl

Pertandingan antara Sulawesi Selatan (Sulsel) melawan Kalimantan Selatan (Kalsel)boleh dibilang sebagai laga hidup-mati. Sebab siapa yang menjadi pemenangnya, akan menjadi juara grup B. Posisi Sulsel lebih aman karena memang punya satu kemenangan atas DKI Jakarta dan masih menyisakan satu laga lagi. Tetapi Kalsel, bila mereka kalah maka mereka hanya bisa berharap menjadi runner-up terbaik untuk bisa masuk ke semifinal.

Laga ini berlangsung panas dan menegangkan, bahkan memakan waktu hingga hampir tiga jam. Ini karena pemenang harus ditentukan melalui double-overtime. Lewat dua kali waktu tambahan inilah, Sulsel akhirnya mengunci kemenangan dengan skor 81-71.

Sulsel yang punya modal bagus di laga perdana dengan mengalahkan DKI Jakarta membuat percaya diri pemain berlebih. Inilah yang membuat mereka bermain buruk di awal. Kepala pelatih Sulsel, Jamin Mottotoran menyadari hal tersebut dan segera mengingatkan anak asuhnya.

“Saya kira itu yang menjadi masalah buat kami di awal. Anak-anak merasa mengecilkan lawan setelah menang lawan DKI Jakarta. Tapi saya terus berusaha untuk membangkitkan mereka. Posisi kami memang sulit karena harus mengejar ketertinggalan hingga 11 poin di kuarter pertama,” ujar Jamin seusai pertandingan.

Tapi Sulsel bisa bounce-back di kuarter ketiga. Mereka bisa menyamakan kedudukan 42-42 di akhir kuarter ketiga. Lalu drama berlanjut di kuarter keempat. Kalsel sempat memimpin nyaman di pertengahan kuarter keempat. Namun Sulsel justru berhasil membalik keadaan dan membuat laga harus dilanjutkan ke babak overtime. Skor 56-56 mengakhiri kuarter keempat.

Di babak tambahan, Sulsel justru bermain lebih tenang dibandingkan Kalsel. Barisan guard dan forward menusuk ke area lubang kunci Kalsel dan menghasilkan banyak poin. Sementara Kalsel yang tetap mengandalkan bigman, justru gagal mendulang angka. Dalam dua kali tambahan waktu, Sulsel menghasilkan 25 poin dan Kalsel membalas dengan mencetak 15 poin.

Alif Thariq Sutrisno mencetak 12 poin di babak overtime. Kapten tim Sulsel ini mencetak total 31 poin dan 18 rebound. Pemain lain yang bermain baik adalah Budi Hermawan Mansur yang menyumbangkan 14 poin dan 15 rebound. Sementara itu di kubu Kalsel, guard Mathew Wang menghasilkan 20 poin dan 12 rebound. Tapi penampilannya tak cukup menyelamatkan Kalsel dari kekalahan.

“Anak-anak bermain bagus. Mereka tak menyerah hingga akhir. Tapi masih banyak yang perlu di benahi sebelum tampil di semifinal. Saya kira kami akan melakukan rotasi pemain saat melawan Yogyakart,” imbuh Jamin.

Hasil Pertandingan Kejurnas Basket KU18 2017, Rabu (6/9/2017);

1. Putri – Bangka Belitung Vs. Yogyakarta (82-51)
2. Putri – Jawa Barat Vs. Sulawesi Selatan (54-31)
3. Putri – DKI Jakarta Vs. Sulawesi Utara (59-14)
4. Putri – Kalimantan Timur Vs. Jambi (42-57)
5. Putra – DKI Jakarta Vs. Yogyakarta (68-47)
6. Putra – Sulawesi Selatan Vs. Kalimantan Selatan (81-71)
7. Putra – Jawa Tengah Vs. Bangka Belitung (76-56)
8. Putra – Jawa Timur Vs. Sumatera Utara (53-44)

Foto: Dipta Wahyu (Jawa Pos)