IBL

Slovenia menjadi juara EuroBasket 2017. Di final, Slovenia mengalahkan Serbia, 93-85. Tak hanya itu, mereka juga berhasil mencatat sejarah baru, yakni tak terkalahkan sejak awal hingga meraih gelar juara. Tim yang sebelumnya yang mencatat rekor yang sama adalah Lithuania di EuroBasket edisi 2003.

Slovenia benar-benar berjuang hingga titik terakhir. Sebab mereka terancam kehilangan gelar di menit-menit akhir kuarter keempat. Sebelumnya, bintang muda usia 18 tahun, Luka Doncic keluar karena cedera di pertengahan kuarter ketiga. Lalu di kuarter keempat, Dragan Dragic juga harus meninggalkan lapangan karena kram. Tetapi di dua menit terakhir, Klemen Prepelic dan Anthony Randolph melakukan tembakan yang sangat menentukan kemenangan Slovenia.

Berkaca dari catatan statistik, kedua tim sama-sama tampil luar biasa. Hanya saja, bigman Slovenia, Anthony Randolph dan Gasper Vidmar masing-masing melakukan tiga blok penting. Ini yang membuat laju Serbia sedikit terhambat.

Di laga ini, kapten Slovenia, Goran Dragic membuat penampilan luar biasa dengan 35 poin, 7 rebound, 3 asis dan 2 steal. Namun kerja kerasnya harus dibayar mahal dengan cedera di akhir laga. Penampilannya yang cemerlang membuat Dragic dinobatkan sebagai Most Valuable Player (MVP) EuroBasket 2017. Sedangkan pemain lain yang tampil dominan yaitu Klemen Prepelic (21 poin) dan Anthony Randolph (11 poin).

"Saya bermain bagus di final karena tim saya, lalu pelatih menempatkan saya pada posisi yang tepat. Saya sangat bangga dengan rekan satu tim," kata kapten Slovenia, Goran Dragic.

Komentar