IBL

FIBA AfroBasket 2017 sudah sampai di babak akhir. Empat negara akan berlaga di semifinal. Juara bertahan Nigeria akan ditantang oleh Senegal. Sementara itu, tuan rumah Tunisia akan menghadapi Maroko. Nigeria dan Tunisia memang sudah jadi unggulan juara, tapi menariknnya muncul negara Senegal dan Maroko yang ternyata bisa tampil baik dan menembus semifinal tahun ini.

image (5) (1)

Senegal merupakan negara terakhir yang memastikan tiket semifinal AfroBasket 2017, setelah mengalahkan Angola 66-57. Senegal menyusul Nigeria, Tunisia dan Maroko yang sudah lebih dulu mendapatkan tempat di semifinal.

Senegal tertinggal 34-38 di paruh pertama. Namun akhirnya trio Senegal, Louis Adams, Clevin Hannah dan Maurice Ndour tampil sempurna di paruh kedua. Ketiganya total mengumpulkan 31 poin. Senegal tercatat sudah tiga kali mengalahkan Angola dalam AfroBasket.

"Angola itu penembak hebat. Kami tahu bahwa kami harus menghentikan akurasi mereka. Tapi kami punya strategi untuk menghabisi mereka di kuarter keempat. Dan itu berhasil," kata kapten Senegal, Gorgui Dieng.

image (7) (1)

Lewat kemenangan ini, Senegal maju ke semifinal dan akan menantang juara bertahan Nigeria. Nigeria maju ke semifinal setelah mengalahkan Kamerun, 106-91. Kamerun sebenarnya punya senjata andalan yaitu forwar Benoit Mbala. Dia tampil menawan dengan mencetak 32 poin. Tapi sayangnya, itu tidak menolong Kamerun dari kekalahan. Sebab Nigeria punya tiga ujung tombak tajam yaitu Mbamalu Bryant, Ike Diogu dan Ikechkuwu Nwamu.

image (6) (1)

Sementara itu bermain di depan 11 ribu pendukungnya, tuan rumah Tunisia akhirnya bisa mengalahkan Republik Demokratik Kongo dengan skor 81-60. Kemenangan ini sekaligus mengantarkan tuan rumah melaju ke semifinal. Kapten Tunisia, Makram Ben Romdhane mencetak double-double dengan 22 poin dan 14 rebound.

Lalu sebagai lawannya, Tunisia akan menjamu Maroko. Tim ini luar biasa karena Maroko baru bisa mencapai empat besar AfroBasket setelah 37 tahun ikut serta dalam turnamen ini. Maroko menang tipis 66-62 atas Mesir.

image (8) (1)

Foto: fiba.com

Komentar