News

Semifinal Putri Bakal Berlangsung Sengit (Kejurnas Basket KU18 2017)

jtm

Di kategori putri, empat tim sudah mengunci tiket semifinal Kejurnas Basket KU18 2017. Empat tim tersebut adalah Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta dan Jawa Tengah. Tentunya dengan empat tim kuat yang berlaga di semifinal, maka laga yang akan berlangsung Jumat (8/9/2017) esok, akan berlangsung sengit.

Hari ini (7/9/2017), terjadi perebutan juara grup Y antara DKI Jakarta melawan Jawa Tengah. Memang pertandingan ini tidak menentukan. Namun kedua tim ingin menang supaya bisa menduduki puncak klasemen. Tim pemenang tentu memilih untuk tidak bertemu Jawa Barat yang sudah mengunci posisi puncak klasemen grup X.

Sempat memberikan perlawanan sengit, ternyata Jawa Tengah harus menelan kekalahan dari tim ibukota. DKI Jakarta unggul dengan selisih 11 poin (62-51). Dengan hasil ini, Jawa Tengah yang akan bertemu Jawa Barat di babak semifinal.

Sementara itu di laga berikutnya, Jawa Timur bersua Sulawesi Selatan. Pertandingan ini juga sangat menentukan bagi kedua tim. Mereka sama-sama membukukan dua kemenangan dan satu kali kalah. Pemenang laga ini berhak menyandang predikat sebagai runner-up grup X, dan mendampingi Jawa Barat ke semifinal.

Jawa Timur langsung tancap gas di awal laga. Mereka unggul 17-5 di akhir kuarter pertama. Usaha Sulawesi Selatan untuk bangkit tak membuahkan hasil. Hingga kuarter ketiga, mereka hanya mencetak 19 poin saja. Sementara Jawa Timur sudah unggul dengan skor 42-19. Pertandingan ini berakhir dengan kemenangan Jawa Timur, 55-32.

Sulawesi Selatan melakukan 33 turn over yang membuat Jawa Timur bisa menambahkan 28 poin dari kesalahan tersebut. Elysia Kartika menjadi pendulang poin terbanyak bagi Jawa Timur dengan 12 poin. Disusul Adelaide Calista Wongsohardjo yang menambahkan 10 poin dan sembilan rebound. Di kubu Sulawesi Selatan, Sabrina Ayu Sandewang bekerja sendirian dengan mencetak 20 poin dan sembilan rebound.

Pertandingan semifinal Kejurnas Basket KU18 2017 akan berlangsung pada Jumat (8/9/2017) di GOR Kertajaya Surabaya. Kategori putri akan memulai lebih dulu pada pukul 7.30 waktu Indonesia barat. Pertandingan pertama akan mempertemukan Jawa Barat melawan Jawa Tengah, selanjutnya DKI Jakarta akan dijamu tuan rumah Jawa Timur.

Foto: Candra Satwika (Jawa Pos)