News

Pertarungan Panas Delapan Besar EuroBasket 2017

EB

EuroBasket sudah memasuki fase akhir. Kini delapan tim sudah memastikan diri bertarung di perempat final yang akan berlangsung 12 dan 13 September 2017. Melihat bagan pertandingan, tampaknya perempat final akan berlangsung sengit.

image (11)

Juara bertahan, Spanyol melaju ke delapan besar setelah menang 73-56 atas tuan rumah, Turki. Spanyol hanya unggul enam poin di pertengahan kuarter keempat. Turki benar-benar memberikan perlawanan yang luar biasa. Namun Spanyol mendapatkan momentum kemenangan setelah Ricky Rubio mampu melesakkan tembakan tiga angka. Ini membuat Spanyol memimpin laga. Spanyol akan bertemu Jerman di delapan besar. Jerman maju ke delapan besar setelah melewati hadangan Perancis. Jerman menang tipis atas Prancis, 84-81.

“Merek (Turki) bermain tangguh dan keras,” kata kepala pelatih Spanyol, Sergio Scariolo, seperti dilansir fiba.com. “Tapi saya bangga dengan tim saya, mereka mengendalikan emosi dan tidak panik. Kami tetap tenang.”

Selanjutnya, Latvia akan ditantang Slovenia. Latvia memastikan diri lolos ke delapan besar setelah menghajar Montenegro 100-68. Kristaps Porzingis terus menjadi momok menakutkan bagi lawan-lawan Latvia. Tapi di laga ini, Janis Timma lebih menonjol dengan mencetak 21 poin, 5 rebound dan 6 asis.

“Sejak awal kami bermain cepat dan menembak dari luar. Begitu kami mendapat rebound, baru kami akan bermain di dalam,” kata Porzingis.

image (3) (1)

Slovenia yang tidak pernah kalah dari babak penyisihan grup hingga 16 besar, menjadi ancaman nyata bagi pemain muda Latvia. Ini karena Slovenia berisi pemain-pemain yang lebih berpengalaman. Slovenia sebelumnya mengalahkan Ukraina, 79-55.

Serbia akan bertemu Italia di babak delapan besar. Sebelumnya, Serbia menang atas Hungaria, 86-78, dan Italia menang 70-57 atas Finlandia. Sementara satu laga yang akan berlangsung panas yaitu pertemuan antara Rusia dan Yunani. Rusia beruntung punya Alexsei Shved. Ia mengumpulkan 27 poin dan 12 asis, serta menjadi penentu kemenangan Rusia atas Korasia, 101-78 di 16 besar. Sementara itu, Yunani yang menjadi lawan Rusia, berhasil melaju ke delapan besar setelah mengalahkan Lithuania, 77-64.

Sekedar informasi, FIBA EuroBasket 2017 diikuti oleh 24 negara. Turnamen ini berlangsung mulai 31 Agustus hingga 17 September mendatang. Untuk tuan rumah, EuroBasket 2017 ada di empat negara yaitu Finlandia, Israel, Rumania dan Turki.

Foto: fiba.com