IBL

Ada yang baru dari Asian Indoor and Martial Arts Games tahun 2017 ini. Yaitu masuknya 3x3 jadi ajang yang dilombakan pada pesta olahraga negara Asia tersebut. Pada tahun 2013, gelaran yang sama hanya melombakan 12 cabang olahraga, kini ada tambahan menjadi 21 cabang olahraga.

Asian Indoor and Martial Arts Games 2017 diikuti 64 negara termasuk Indonesia. Lebih dari 6000 atlet bertanding di 21 cabang olahraga. Tahun ini, gelaran tersebut berlangsung di kota Ashgabat, Turkmenistan. Negara bekas kawasan Asia Tengah Soviet.

Khusus untuk 3x3 dibagi menjadi dua kategori yaitu putra dan putri. Di putra ada 18 peserta, sedangkan untuk putri akan ada 12 negara yang bersaing. Untuk kategori putra, Indonesia ada di grup D bersaing dengan Taiwan, Thailand dan Guam. Sedangkan tim putri Indonesia bergabung dengan grup B, yang berisi Thailand dan Guam. Di babak penyisihan, semua tim akan menjalani pertandingan dengan sistem round robin. Baru setelah itu di perempat final hingga babak final menggunakan sistem gugur. Pertandingan 3x3 akan dimulai pada 19 September hingga 24 September 2017.

Robert Rieblinger, International Basketball Federation (FIBA) 3x3 Development Manager, berkata bahwa masuknya 3x3 di Ashgabat 2017 akan membuka pandangan publik tentang olahraga ini lebih luas lagi.

"Olahraga ini (3x3) adalah salah satu olahraga tim yang paling cepat berkembang di dunia. 3x3 juga akan dilombakan di Olimpiade Tokyo, sehingga Ashgabat 2017 menjadi tangga agar 3x3 dikenal lebih luas lagi oleh negara-negara khususnya di Asia," ujarnya.

Indonesia memberangkatkan dua tim, yaitu putra dan putri. Tim putra Indonesia berisi pemain basket 3x3 nomor satu di Indonesia, Rivaldo Tandra Pangesthio, lalu Diftha Pratama, Avan Seputra dan Widyanta Putra Tedja. Sedangkan tim putri Indonesia diperkuat oleh Kadek Pratita Citta Dewi, Dewa Ayu Made Sriarta Kusuma Dewi, dan dua pemain yang sukses menjuarai FIBA 3x3 Asia Cup U18, Lea Elvensia Wolobubo Kahol dan Michelle Kurniawan.

Berikut pembagian grup putra dan putri;

Grup

Jadwal Indonesia di babak penyisihan 3x3 Asian Indoor and Martial Arts Games 2017;

Jadwal

Foto: ashgabat2017.com

Komentar