IBL

Tim 3x3 putra dan putri Indonesia berhasil lolos ke perempat final dalam turnamen 3x3 yang menjadi bagian dari Asian Indoor and Martial Arts Games 2017, Turkmenistan. Indonesia akan menjalani pertandingan perempat final pada Sabtu, 23 September 2017 mendatang.

Di sektor putra, Indonesia yang sudah kalah dua kali dari Thailand bisa lolos lantaran mampu memenangi dua laga sisa. Indonesia menang mutlak 21-9 atas Taiwan dan 21-14 atas Guam. Saat melawan Taiwan, Rivaldo Tandra Pangesthio dan Diftha Pratama menyumbangkan masing-masing tujuh poin. Sementara saat menang melawan Guam, Rivaldo sendiri mencetak 16 poin.

"Kami suka menembak dari luar busur dan cara ini berhasil. Yang paling penting kami bisa menang, bagaimana pun caranya. Saya harap, kami bisa dapat medali di turnamen ini," kata Diftha Pratama usai memastikan tiket perempat final.

Di kategori putri, Indonesia juga berhasil lolos ke perempat final setelah menang 15-5 melawan Guam dan kalah sekali melawan Thailand dengan skor 14-18. Kadek Pratita Citta Dewi mengemas delapan poin saat mengalahkan Guam. Namun di laga melawan Thailand, mereka gagal menghentikan dominasi Penphan Yothanan yang mencetak 12 poin untuk Thailand.

"Dia (Penphan Yothanan) membunuh kami. Kadek Pratita mengatakan bahwa dia yang bersalah atas kekalahan ini karena tidak bisa menghentikan dia. Tapi kami adalah sebuah tim, menang sebagai tim dan kalah sebagai tim. Kami kalah karena defense yang buruk. Tapi kami harus memperbaiki penampilan di perempat final," kata pemain Indonesia, Michelle Kurniawan.

Babak perempat final akan berlangsung hari Sabtu esok. Di sektor putra, Indonesia yang berstatus sebagai runner-up grup D akan bertemu Mongolia yang menjadi juara grup A. Mongolia tentu lawan yang berat karena mereka bisa sapu bersih di babak penyisihan. Mongolia menang lawan Kyrgyzstan (22-12), Uzbekistan (17-16), dan Nepal (22-15). Sedangkan tim putri Indonesia masih belum dipastikan lawannya. Karena masih menunggu hasil pertandingan babak penyisihan hari ini.

Foto: ashgabat2017.com

Komentar