News

Tim Jawa Dominasi Babak Final (Kejurnas Basket KU18 2017)

JTM DKI

Kejurnas Basket KU18 sudah memasuki babak akhir. Dua tim terbaik dari masing-masing kategori akan bertemu di partai final. Di kategori putri, Jawa Barat (Jabar) akan bertemu Jawa Timur (Jatim). Sedangkan di sektor putra, Jawa Timur akan bersua Jawa Tengah.

Tim putri Jabar lebih dulu memastikan diri ke final setelah mengalahkan Jawa Tengah (Jateng), 81-60 di pertandingan semifinal, Jumat (8/9/2017). Laga berlangsung ketat di paruh pertama. Jateng memimpin 39-38 sebelum jeda. Tapi setelahnya, Jabar mampu membalik keadaan. Unggul 26-12 di kuarter keempat, Jabar akhirnya bisa mengunci kemenangan.

Clarita Antonio Senjaya menjadi bintang di laga ini dengan menyumbangkan 21 poin untuk Jabar. Disusul Afini Nurul Aisyah (14 poin), Nikytta Kiki Philipus (13 poin) dan Tirsa Cecilia Londa (11 poin). Di kubu Jateng, kapten tim Nia Titin Sulustyarini mengoleksi 21 poin, lalu Maria Karin Adriel menambahkan 14 poin dan 10 rebound, serta Nur Norma Shufairoh mencetak 12 poin.

Lawan Jabar di final adalah Jatim. Ini setelah tim asuhan Edi Santoso itu menang atas DKI Jakarta, 74-46. Tim putri Jatim memimpin di sepanjang pertandingan. Mereka sama sekali tak memberikan peluang bagi DKI Jakarta untuk menyusul. Elysia Kartika bersinar dengan menyumbangkan 27 poin. Lalu pemain Jatim lain yang tampil baik adalah Julienna Hartono yang mengoleksi 15 poin, diikuti Faizatus Shoimah (11 poin) dan Adelaide Calilsta Wongsohardjo yang mencetak double-double (11 poin, 11 asis).

Seperti yang kita tahu, final putri akan menjadi laga paling sengit. Sebab kedua tim sudah pernah bertemu di babak penyisihan grup. Saat itu, Jatim kalah dari Jabar, 48-59. Jatim tentu ingin membalas kekalahan tersebut di final. Hanya saja, Jabar tentu lebih percaya diri dengan modal kemenangan di penyisihan. Mereka lebih diunggulkan di partai final.

jtmsmt

Sementara itu di sektor putra, tiket final pertama dimiliki oleh tim putra Jatim. Kepastian tersebut didapat setelah mereka mampu menahan Sumatera Utara (Sumut) dengan skor akhir 53-39. Jatim awalnya tampil buruk, mereka tertinggal 0-7 di awal laga. Hingga pertengahan kuarter kedua, Sumut masih memimpin 19-16. Namun di akhir kuarter kedua, Jatim berbalik unggul 25-21.

Setelah turun minum, Jatim mulai meninggalkan Sumut. Di akhir kuarter kedua, tembakan tiga angka dari Kennet Anderson Hidayat dan Wirawan Widyanta membuat Jatim melesat 40-33. Lalu di kuarter keempat, Jatim dengan mudah menghabisi Sumut. Jatim menambahkan 13 poin di kuarter akhir, sedangkan Sumut hanya mampu mendulang enam poin saja. Ini membuat Sumut harus merelakan tiket final diambil oleh tim Jatim. James Patrick mencetak double-double (16 poin, 10 rebound) dan Oliver Dymarson Atmadja menambahkan 15 poin untuk tim Jatim.

Di final nanti, Jatim akan berhadapan dengan Jawa Tengah (Jateng).┬áNamun di laga semifinal, Jateng mendapat perlawanan sengit dari Sulawesi Selatan (Sulsel). Seperti biasa, Sulsel merupakan tim yang ulet. Mereka membuktikan diri bahwa bukan tim yang bisa dikalahkan dengan mudah. Meski tertinggal di sepanjang pertandingan. Sulsel mampu bangkit di kuarter keempat. Mereka bisa mengumpulkan 23 poin di kuarter terakhir ini. Namun itu tak cukup membuat mereka menang, sebab skor terpaut enam poin (71-77) saat buzzer berbunyi. Ian Satrio Abhi Reiki menjadi pendulang poin terbanyak bagi Jateng dengan perolehan 16 poin. Disusul Dadung O’neal Pamungkas (14 poin), Gregorius Kristian Linduaji (10 poin), dan Muhammad Elan Virgiawan (10 poin).

Partai final Kejurnas Basket KU18 akan digelar Sabtu, 9 September 2017 di GOR Kertajaya Surabaya. Dari jadwal yang dirilis panitia, final putri akan dimulai pada pukul 12.30 WIB, sedangkan final putra dimulai pukul 14.15 WIB.

Final

Foto: Aryadhitya (Jawa Pos)