IBL

Lagi-lagi muncul berita mengejutkan dari NBA. Dwyane Wade memutuskan untuk bergabung dengan Cleveland Cavaliers. Banyak spekulasi yang beredar mengenai keputusan ini. Mulai dari persahabatan antara Wade dan LeBron James, hingga kerinduan Wade untuk memeluk Larry O'Brien. Namun yang pasti, Wade rela melepaskan uang yang cukup besar demi merapat ke Cavs.

Keputusan Wade ini mengejutkan, karena setahun lalu dirinya baru pindah dari Miami Heat ke Chicago Bulls. Dengan meninggalkan Bulls, Wade telah melepaskan gaji sebesar 30 juta dolar Amerika untuk bergabung dengan Cavaliers yang membayarnya 3 juta dolar Amerika. Artinya, ada faktor lain yang membuatnya merelakan 27 juta dolar Amerika.

Sejatinya, Wade juga mempertimbangkan tawaran Oklahoma City Thunder, San Antonio Spurs, atau pulang ke Miami Heat. Tapi Wade memilih untuk kembali bermitra dengan LeBron James. Pilihan Wade jelas, dirinya ingin mendapatkan jalan termudah untuk melaju ke Final NBA. Meski Boston Celtics dengan Kyrie Irving-nya bisa menghalangi jalan Cavaliers, tapi Wade mungkin akan berjuang untuk merasakan kembali aroma Final NBA.

Seperti yang kita tahu, Wade dan James merupakan dua dari trio emas Miami Heat. Mereka berdua -ditambah Chris Bosh- membawa Heat menuju era keemasan. Bersama selama empat musim (2010-2014), mereka meraih dua gelar NBA yaitu di tahun 2012 dan 2013.

Orig_159360

Wade kini menjadi tumpuan Cavs sebelum Isaiah Thomas benar-benar pulih. Thomas kabarnya baru bisa bertanding pada bulan Januari 2018. Ia masih menjalani pemulihan cedera pinggul. Wade merupakan pilihan yang tepat untuk mendampingi LeBron James. Musim lalu di Bulls, Wade mengumpulkan 18 poin per pertandingan. Sedangkan selama 14 musim di NBA, ia mencetak 23,3 poin, 5,7 asis dan 4,8 rebound per pertandingan.

"Kapan saja sebuah tim mendapatkan pemain baru, itu selalu mendatangkan tantangan. Tapi saya siap dengan tantangan baru itu. Anda akan segera mengetahuinya. Ini akan menjadi tahun yang baik bagi kami," ucap kepala pelatih Cavaliers, Tyronn Lue.

Kepergian Wade membuat Bulls kehilangan tiga bintangnya musim ini. Rajon Rondo lebih dulu meninggalkan Bulls dan bergabung dengan New Orleans Pelicans. Kemudian, Jimmy Butler memilih pergi dan merapat ke mantan pelatihnya, Tim Thibodeau, menjadi anggota baru Minnesota Timberwolves.

Kepindahan Wade ke Cavaliers juga menambah panjang daftar bintang NBA yang punya rumah baru di musim 2017-2018. Sebelumnya Kyrie Irving berlabuh ke Bonton Celtics. Sebagai imbalannya, Cavaliers mendapatkan Isaiah Thomas, Jae Crowder dan Ante Zizic.

Di Wilayah Barat pun memanas. Golden State Warriors dapat tantangan baru dengan lawan-lawan yang semakin berat. Chris Paul merapat ke Houston Rockets dan bekerja sama dengan James Harden. Lalu Paul George dan Carmelo Anthonya akan bahu membahu bersama MVP NBA 2016, Russell Westbrook untuk membawa Oklahoma City Thunder merebut gelar juara.

Pastinya yang menarik untuk disimak adalah persiangan di Wilayah Timur. Wade dan James tentu tak akan berusaha untuk tampil di Final NBA 2018. Artinya mereka juga berupaya mengejar pertemuan empat kali berturut-turut dengan Golden State Warriors yang masih menjadi tim favorit juara musim depan. Namun usaha keras juga dibutuhkan Cavs untuk melewati hadangan Celtics yang kini punya wajah-wajah baru.

Pertemuan pertama dua tim besar Wilayah Timur, Cleveland Cavaliers dan Boston Celtics akan berlangsung pada 18 Oktober 2017 mendatang.

Foto: nba.com, cbssports.com

Komentar