IBL

FIBA 3x3 World Tour 2017 memasuki putaran keenam. Lagi-lagi 12 tim 3x3 terbaik dunia akan bertemu di Chengdu Masters, Tiongkok, pada 23-24 September 2017. Melihat pembagian grup di babak penyisihan, ternyata ditemukan banyak pertandingan yang bakal berlangsung sengit.

uwyciGjlmkWmqleSELdT7g

Di grup A, tim 3x3 nomor satu dunia yang sudah mengumpulkan dua kemenangan di seri Masters, Novi Sad Al Wahda (Uni Emirat Arab) akan bertemu dua tim Asia langsung. Dusan Domovic Bulut dan kawan-kawan akan berhadapan dengan Tokyo (Jepang) dan Qing Dao (Tiongkok).

Tim Tokyo merupakan juara JBA Japanese Championship sekaligus juara liga 3x3 profesional, the .EXE Premier League. Tim ini berisi empat pemain asli Jepang, dan dipimpin oleh Keita Suzuki. Dia berpengalaman tampil di 3x3 World Tour sejak 2012. Tokyo akan mencoba mengikuti sukses Hamamatsu yang berhasil mengalahkan Novi Sad Al Wahda di World Tour Finals tahun lalu. Sedangkan Qing Dao adalah juara CBA Chinese Tour. Mereka diperkuat dua pemain yang mewakili Tiongkok di FIBA 3x3 World Cup 2016.

Ljubljana (Slovenia) berada di grup B. Juara FIBA 3x3 World Tour Finals 2016 itu sudah mengamankan tiket ke Bloomage Beijiing World Tour Final 2017. Artinya mereka datang ke Chengdu Masters untuk berburu 20.000 dolar Amerika. Tapi mereka harus berhadapan dengan tim Hamamatsu (Jepang). Tim yang mereka hadapi di final World Tour Finals 2016. Sebagai pelengkap, tuan rumah Beijing (Tiongkok) ada di grup ini.

Di grup C, berisi Zemun Master (Serbia), Kranj (Slovenia) dan Shenzhen (Tingkok). Zemun Master tampaknya akan tampil lebih serius karena mereka belum mengamankan tiket World Tour Finals sama sekali. Senada dengan Zemun Masters, Kranj juga belum dapat tiket final. Sedangkan Shenzhen bakal jadi lawan berat karena mereka punya bintang asal Amerika Serikat, Arnold Louis.

Aroma balas dendam tercium dari grup D. Riga (Latvia) dan Piran (Slovenia) bertemu di babak penyisihan grup. Padahal sebelumnya, mereka bertemu di final Absolute Taipei City 3x3 Challanger. Riga saat itu menang 21-19. Kini Piran berusaha untuk menumbangkan Riga. Tim ketiga yang ada di grup D adalah Haidian dari Tiongkok.

FIBA 3x3 World Tour Chengdu Master berlangsung di jantung kota Chengdu, tepatnya di Hong Xing Road Plaza. Semua penonton boleh menyaksikan laga ini dan tidak dipungut biaya alias gratis. Pertandingan ini juga disiarkan langsung melalui kanal Youtube resmi FIBA 3x3.

Foto: fiba.com

Komentar