News

Amerika Serikat Juara AmeriCup 2017

image (9)

Tim nasional Amerika Serikat berhasil membawa pulang gelar juara AmeriCup 2017. Dengan kesuksesan ini, Amerika Serikat adalah negara yang paling banyak memenangi gelar yang sama sebanyak tujuh kali. AmeriCup tahun ini diikuti 12 negara dari benua Amerika yang berlangsung di tiga tempat, yaitu Argentina, Columbia dan Uruguay pada 23 Agustus hingga 3 September 2017.

Di babak final, Amerika Serikat berhasil menundukkan Argentina dengan skor 81-76. Di paruh pertama, Amerika Serikat tertinggal 27-42. Argentina memang perkasa, meski tak diperkuat bintangnya, Luiz Scola yang cedera di semifinal.

image (7)

Strategi untuk memperkuat defense dari kepala pelatih Jeff Van Gundy yang juga pernah membesut New York Knicks dan Houston Rockets membuahkan hasil. Di kuarter ketiga mereka unggul 23-14 atas Argentina. Bigman Amerika Serikat, Jameel Warney dan Reginald Williams II, menekan Argentina dengan bermain mengandalkan fisik. Amerika akhirnya unggul 54-34 di paruh kedua. Ini membuat mereka bisa membungkus kemenangan saat buzzer berbunyi.

Jameel Warney mencetak 21 poin, lalu Darrun Hilliard II menambahkan 15 poin, disusul Reggie Hearn (14 poin) dan Xavier Munford (10 poin). Di kubu Argentina, Nicolas Brussino menghasilkan 26 poin. Tapi itu belum cukup untuk membuat timnya membawa pulang kemenangan. Sementara itu, Jameel Warney dari Amerika Serikat dinobatkan sebagai Most Valuable Player (MVP) AmeriCup 2017.

image (8)

Foto: fiba.com