IBL

Tim Nasional Basket Indonesia putra dan putri harus menjalani perjuangan berat di hari ketiga SEA Games 2017 Malaysia. Tim putra Indonesia lolos dari hadangan Singapura dengan menang 70-54. Sementara tim putri harus menyerah dari tuan rumah Malaysia dengan skor 57-72.

Di pertandingan kedua babak penyisihan, Indonesia bertemu Singapura. Seperti yang sudah diprediksi, Singapura bakal menyulitkan Indonesia. Center Singapura, Kok Chiang Delvin Goh tak terbendung di awal laga. Dia mencetak enam poin tanpa terhalang pertahanan Indonesia. Tetapi kepala pelatih Wahyu Widayat Jati segera merespon. Tim Indonesia akhirnya bisa menghentikan laju Delvin Goh. Meski Indonesia berhasil menambah 21 poin di kuarter kedua, kedudukan masih sama kuat 35-35 hingga jeda pertandingan.

Indonesia bangkit di paruh kedua. Ebrahim Enguio Lopez jadi aktor dibalik keunggulan Indonesia. Biboy --panggilan akrabnya-- menghasilkan 12 dari 18 poin di paruh kedua. Unggul 23-10 di kuarter keempat membuat Indonesia bisa mengunci kemenangan 70-54 atas Singapura. Bangku cadangan Indonesia kali ini menjadi faktor kemenangan, sebab mereka mencetak 48 poin.

20170822193143_IMG_6848-01

Sementara itu hasil berbeda didapatkan oleh tim putri Indonesia. Mereka harus mengakui keunggulan Malaysia, 57-72. Pertandingan berlangsung seimbang di paruh pertama, bahkan Indonesia unggul 31-30. Tetapi Malaysia tampil luar biasa di paruh kedua. Malaysia menambahkan 42 poin dan Indonesia membalas dengan menghasilkan 26 poin.

Indonesia sebenarnya sudah mencoba melepaskan tembakan jarak jauh, hanya saja akurasi tim asuhan kepala pelatih Kim Dong Won sedang kurang bagus. Mereka hanya mencetak 7 dari 26 percobaan tembakan tiga angka. Sementara itu, Malaysia sangat perkasa di area lubang kunci dengan menghasilkan 40 poin di area tersebut.

Forward Malaysia, Hui Pin Pang menjadi sosok paling menakutkan di laga ini. Ia mencetak 14 poin, 10 rebound, 7 asis, 2 blok dan 1 steal. Center Kalaimathi Rajintiran menghasilkan poin terbanyak dengan 16 poin, disusul Chiau Teng Eugene Ting (13 poin), Phye Chyi Magdelene Low (12 poin). Di tim Indonesia, Gabriel Sophia menjadi pendulang poin terbanyak dengan 14 poin.

Dengan hasil yang berbeda tersebut, tim nasional putra berhasil menduduki puncak klasemen grup B dengan empat poin. Mereka masih menyisakan dua laga yaitu melawan Kamboja (23/8/2017) dan Laos (24/8/2017). Sedangkan untuk tim putri, posisi puncak klasemen digusur oleh Malaysia dengan enam poin. Indonesia ada di tempat kedua, disusul Filipina. Kedua negara sama-sama mengoleksi lima poin.

Foto: Mei Linda

Komentar