IBL

Tim Nasional Indonesia baik putra maupun putri mendapatkan hasil positif di penampilan pertama mereka. Tim putra sukses menundukkan Vietnam dengan skor 89-73. Sedangkan tim putri Indonesia menyudahi perlawanan Myanmar dengan skor telak 94-49.

Tim putra Indonesia tampil canggung di kuarter pertama. Mereka tampak masih meraba kekuatan lawan. Hanya saja, kondisi tersebut tidak berlangsung lama. Indonesia yang memimpin 17-15 di kuarter pertama, melesat dengan 47-33 di kuarter kedua.

Indonesia sukses menambahkan 28 poin di kuarter ketiga. Namun di kuarter terakhir, penampilan Indonesia menurun. Mereka hanya mencetak 14 poin, sedangkan Vietnam menambahkan 21 poin. Jumlah poin itu tidak berpengaruh pada hasil akhir. Indonesia tetap unggul 89-73 hingga laga usai.

Kedua tim memang punya strategi yang hampir sama yaitu menusuk ke area lubang kunci. Indonesia mencetak 36 poin dan Vietnam 32 poin dari titik tersebut. Hanya saja, Vietnam ceroboh dengan melakukan 20 turn over. Ini bisa dimanfaatkan Indonesia dengan menghasilkan 24 poin dari kesalahan lawan. Namun akurasi tembakan tiga angka Indonesia kurang baik, mereka hanya bisa mencetak 11 tembakan dari 30 percobaan tembakan tiga angka yang dilepaskan.

Arki Dikania Wisnu menyumbang poin terbanyak bagi Indonesia dengan 17 poin. Diikuti Ebrahim Enguio Lopes (11 poin), Abraham Damar Grahita (10 poin), Christian Ronaldo Sitepu (10 poin). Sementara itu Mario Wuysang jadi pemain paling efektif di pertandingan ini dengan mencetak 8 poin, 5 rebound, 5 asis, dan 3 steal. Point guard veteran ini juga mencetak dua tembakan tiga angka. Sementara itu di kubu Vietnam, Thant Tam Dinh menghasilkan 24 poin. Hanya Dinh yang menjadi tulang punggung Vietnam di laga ini.

5912

Indonesia juga mendapatkan hasil positif di sektor putri. Tim asuhan kepala pelatih Kim Dong Won ini sukses memetik kemenangan perdana dengan menghancurkan Myanmar, 94-49.

Indonesia sangat dominan dari awal hingga akhir. Terutama di kuarter ketiga, saat Indonesia mencetak 36 poin, Myanmar hanya menghasilkan sembilan poin saja. Gabriel Sophia jadi pemain terbaik dengan mencetak 22 poin dan sembilan rebound. Sementara itu poin terbanyak juga disumbangkan oleh Natasha Debby Christaline (16 poin, lima asis), Kadek Pratita Citta Dewi (16 poin) dan Yuni Anggraeni (12 poin).

Berikutnya, tim putri Indonesia akan menghadapi Filipina (21/8/2017). Sedangkan tim putra istirahat satu hari.

Foto: kualalumpur2017.com, Hari Purwanto

Komentar