IBL

Turnamen Piala Walikota Surabaya 2017 memasuki fase akhir. Empat tim melaju ke semifinal yang rencananya berlangsung pada Jumat malam (25/8/2017). Empat tim tersebut adalah Mawar Sharon Eagles dan BBM, sebagai juara dan runner-up grup A. Lalu dari grup B ada D-Mix dan CLS Knights Surabaya.

Di hari terakhir babak penyisihan, semua sudah tergambar jelas. Mawar Sharon Eagles, yang sudah mengumpulkan dua kemenangan, ingin menegaskan diri bahwa mereka adalah juara bertahan. Eagles menundukkan CLS Surabaya, 96-71. Kemudian, D-Mix juga memetik poin penuh di babak penyisihan setelah menang atas Warriors Makassar, 104-37. Dua tim tersebut, Eagles dan D-Mix sama-sama menduduki puncak klasemen masing-masing grup.

Sementara itu, BBM dan Pacific Caesar Surabaya terlibat pertarungan sengit memperebutkan satu tiket ke semifinal. Laga ini akhirnya dimenangkan oleh BBM dengan skor 91-86. Memang BBM tak mudah mendapatkan kemenangan tersebut, sebab Pacific juga tampil luar biasa. Chris Hooper mencetak 26 poin dan 10 rebound, tetapi tak cukup membuat Pacific menang. Sebab Patrick Jan Cabahug (25 poin) dan Dasom (20 poin) punya akurasi luar biasa. Meski tak mampu menembus area lubang kunci, tapi mereka bisa menghancurkan Pacific dengan tembakan jarak menengah.

Dengan hasil tersebut, maka BBM yang berstatus sebagai runner-up grup A akan berhadapan dengan juara grup B, D-Mix. Sementara itu, juara bertahan sekaligus juara grup A, Mawar Sharon Eagles akan ditantang oleh runner-up grup B, CLS Knights Surabaya. Dua pertandingan semifinal ini diprediksi bakal berlangsung panas. Keempat tim jelas tak ingin gugur di fase ini.

Semifinal

Foto: Dite Surendra (Jawa Pos)

Komentar