IBL

Nigeria merebut gelar ketiga di ajang Women's AfroBasket. Tahun ini, mereka menjadi juara setelah mengalahkan Senegal dengan skor 65-48, pada partai final yang berlangsung di kota Bamako, Mali. Meski menjadi gelar ketiga, Nigeria baru menjadi juara lagi setelah 12 tahun.

Evelyn Akhator menjadi pencetak poin terbanyak dengan 13 poin dan tujuh rebound. Perannya luar biasa membawa Nigeria menjuarai turnamen ini. Sedangkan MVP AfroBasket 2017, Astou Traore dari Senegal sudah berupaya agar timnya bisa menang. Tapi dengan 17 poin yang dimasukkan, tak cukup membawa Senegal bisa menang atas Nigeria. Namun dengan hasil ini, dua negara tersebut, Nigeria dan Senegal lolos ke FIBA Women's Basketball World Cup 2018 di Spanyol.

image (2)

Sementara itu, lima pemain putri dinobatkan sebagai pemain terbaik dari Afrika atau All-Star Five. Mereka adalah Evelyn Akhator (Nigeria), Astou Traore (Senegal), Italee Lucas (Angola), Naignouma Coulibaly (Mali) dan Leia Dongue (Mozambique).

Astou Traore berhak atas gelar Most Valuable Player karena di turnamen ini ia mencetak 21,6 poin, 5,6 rebound, 2,3 steal dan 1,3 asis per pertandingan. Ia juga sukses membawa Senegal ke final. Lalu, satu pemain yang juga punya jasa besar untuk timnya adalah Evelyn Akhator. Ia berperan sebagai pemain kunci Nigeria yang sukses membuat tim ini menjadi juara setelah 12 tahun.

Foto: fiba.com

Komentar