IBL

Kejutan terjadi di Piala Walikota Surabaya 2017. CLS Knights Surabaya tumbang di pertandingan ketiga. Tim asuhan Koko Heru Setyo Nugroho kalah dari D-Mix dengan skor 95-88, Selasa (22/8/2017). Dengan kemenangan ini, D-Mix bisa dipastikan melaju ke semifinal dengan status juara grup B. Ini karena mereka masih menyisakan satu pertandingan lagi, sedangkan CLS Knights sudah menjalani tiga pertandingan.

Laga kali ini berlangsung dengan tensi tinggi. Kuarter pertama, CLS Knights unggul 27-26. Hingga akhir kuarter kedua, CLS Knights masih memimpin 50-46. Kombinasi Tyrell Corbin dan Duke Crews sangat menawan. Pemain-pemain CLS Knights lainnya juga rajin mencetak poin. Sedangkan di kubu D-Mix mengandalkan trio Jarron Crump, Kevin Loiselle dan Dior Lowhorn.

Setelah istirahat, D-Mix kembali mengancam keunggulan CLS Knight. Mereka mendekat hingga menyisakan dua poin (69-71) di akhir kuarter ketiga. Momentum kebangkitan D-Mix pun terjadi di awal kuarter keempat. Tembakan tiga angka dari Dior Lowhorn membuat D-Mix berbalik memimpin 72-71. Sejak saat itu, D-Mix mulai menambah pundi-pundi poin.

CLS Knights kesulitan mengimbangi serangan Lowhorn di separuh kuarter keempat. Ini lantaran Duke Crews mendapatkan foul keempat alias foul trouble. D-Mix semakin leluasa di area lubang kunci. Dua tembakan tiga angka dari Jarron Crump dan Handri Satya Santosa semakin menjauhkan D-Mix dari kejaran CLS Knights. Akhirnya, CLS Knights pun menyerah dengan skor terpaut tujuh poin (88-95).

Trio D-Mix tampil luar biasa sebagai pendulang poin. Jarron Crump menghasilkan 29 poin dan 11 asis, Dior Lowhorn mencetak 29 poin dan sembilan rebound, lalu Kevin Loiselle selesai dengan 27 poin dan 11 rebound. Di kubu CLS Knights, Duke Crews mengemas double-double dengan 19 poin dan 16 rebound, sedangkan poin terbanyak dicetak oleh Tyrell Corbin dengan 29 poin.

Melihat hasil ini, CLS Knights pasti lolos ke semifinal dengan status runner-up grup. Sebab dua tim di bawahnya sudah tidak mungkin lagi menyusul. CLS Knights bisa saja bertemu Mawar Sharon Eagles di semifinal, apabila juara Piala Walikota Surabaya 2016 itu menang melawan CLS Surabaya, Rabu (23/8/2017). Sementara itu, D-Mix yang masih punya satu pertandingan lagi melawan Warriors Makassar masih belum bisa memastikan calon lawan. Sebab BBM dan Pacific Caesar sama-sama punya kesempatan untuk menjadi runner-up grup A. Kedua tim akan menjalani laga do-or-die pada Rabu (23/8/2017).

Sementara itu di pertandingan lainnya yang berlangsung hari ini, BBM menang 81-61 lawan CLS Surabaya, lalu Mahameru menundukkan Warriors Makassar dengan skor 92-68.

Foto: Dika Kawengian (Jawa Pos)

Komentar